Rabu, 23 Juni 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Rusli Rombak Kabinet Golkar

Oleh Fajriansyach , dalam Gorontalo Headline , pada Selasa, 22 Agustus 2017 | 14:51 WITA Tag: ,
  


hargo.co.id GORONTALO – Sudah berjalan sekitar setahun lebih setelah penyelenggaraan Musyawarah Daerah (Musda) DPD I Golkar Gorontalo pada April 2016 lalu, kepengurusan Partai Golkar kembali mengalami perombakan.

Ketua DPD I Golkar Gorontalo Rusli Habibie melakukan reposisi dan pergantian pengurus di beberapa struktur untuk efektifitas organisasi. Perombakan ini telah mendapatkan persetujuan dari DPP Golkar.

Sesuai informasi yang dihimpun Gorontalo Post, persetujuan DPP Golkar atas perubahan komposisi pengurus DPD I Golkar masa bakti 2016-2020 tertuang dalam surat keputusan DPP nomor : Kep-240/DPP/Golkar/VII/2017 tentang pengesahan perubahan komposisi dan personalia DPP Golkar Provinsi Gorontalo masa bakti 2016-2020.

BACA  Data BPS, Pertumbuhan Ekonomi Gorontalo Terkontraksi 1,98 Persen

Dalam surat itu, DPP menyampaikan, persetujuan terhadap usulan perubahan komposisi pengurus Golkar seiring adanya jabatan lowong dalam struktur kepengurusan karena ada pengurus yang mengundurkan diri, tidak aktif, meninggal dunia dan pindah partai.

Surat DPP yang ditandatangani oleh Ketua DPP Golkar Setya Novanto dan Sekjen DPP Idrus Marham itu, dikeluarkan pada 11 Agustus 2017 lalu.

Dalam surat itu juga dilampirkan, susunan kepengurusan yang baru. Dari susunan kepengurusan yang baru, terjadi pergantian pengurus untuk dua posisi strategis. Yaitu wakil ketua bidang pemenangan pemilu yang sebelumnya ditempati Rustam Akili, kini ditempati Fikram Salilama.

BACA  Jual Trihexyphenidyl, Seorang Pria di Bone Bolango Diringkus Polisi

Sebelumnya Fikram menduduki jabatan wakil sekretaris. Rustam Akili diganti karena telah mengundurkan diri setelah terpilih menjadi komisaris bank Sulutgo. Rustam mundur karena persyaratan menjadi komisaris Bank Sulutgo adalah non partisan.

Posisi yang kedua adalah wakil ketua bidang organisasi keanggotan dan kaderisasi. Posisi itu sekarang ditempati oleh Ghalib Lahidjun yang sebelumnya menempati posisi wakil sekretaris. Ghalib menggantikan Budiyanto Napu yang kini menempati jabatan wakil ketua bidang cendekiawan. Budiyanto Napu menggantikan Gias Nono.

Banyak terjadi pergantian kepengurusan. Seluruh anggota fraksi Golkar di DPRD Provinsi kini masuk dalam kepengurusan Golkar menempati jabatan wakil ketua, wakil sekretaris dan wakil bendahara. Selain itu, sejumlah pengurus kabupaten-kota ditarik ke provinsi.

BACA  Kinerjanya Ditafsirkan Rendah, Ini Penjelasan Pemprov Gorontalo

Sekretaris DPD I Golkar Gorontalo Paris Jusuf, saat dimintai konfirmasi soal perombakan kepengurusan partai Golkar membenarkannya. “Ya (ada perombakan.red). Malam ini rapat pleno perdana di Moodu (kediaman pribadi Rusli Habibie.red),” ujarnya semalam (20/8).

Perombakan pengurus ini sepertinya menjadi bagian upaya konsolidasi Golkar menghadapi momentum politik 2018 dan 2019. Pengisian posisi pengurus yang telah mengalami kekosongan tentu menjadi upaya Golkar dalam mencapai target pemenangan di pilkada 2018 dan pemilu 2019 mendatang. (rmb/hg)


Komentar