Rabu, 23 Juni 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Sabtu, Kloter Pertama Haji Tiba Ditanah Air

Oleh Berita Hargo , dalam Kabar Nusantara , pada Kamis, 15 September 2016 | 13:21 WITA Tag: ,
  


 

Hargo.co.id – SEBAGIAN jamaah asal Indonesia menuntaskan seluruh rangkaian prosesi haji kemarin (14/9). Yakni melempar jumrah hari terakhir, melaksanakan tawaf ifadah di Masjidilharam, dan mengakhirinya dengan tahalul.

Setelah salat Subuh, jamaah dari berbagai negara bergerak dari maktab menuju Jamarat. Sesampai di Jamarat, jamaah melempar jumrah ula, wusta, dan aqabah masing-masing dengan tujuh kerikil.

BACA  Jangan Remehkan Covid Pada Anak, 40 Persen dengan Riwayat Komorbid Meninggal

Setelah berdoa, para jamaah diarahkan petugas untuk meninggalkan lokasi Jamarat agar tidak terjadi penumpukan.

”Para jamaah itu mengambil nafar awal (meninggalkan Mina pada 12 Zulhijah sebelum terbenamnya matahari, Red). Sebagian besar berasal dari kloter pertama.

Sebab, mereka harus segera kembali ke tanah air,” kata Kepala Daerah Kerja Makkah PPIH Arsyad Hidayat kemarin.

BACA  Waspada! Sejumlah Provinsi Termasuk Gorontalo Wajib Simak Peringatan Cuaca dari BMKG

Pemulangan perdana jamaah haji ke Indonesia dilakukan lusa (17/9). Ada sepuluh kloter yang diberangkatkan dari Bandara King Abdul Aziz, Jeddah, menuju delapan embarkasi di tanah air.

”Insya Allah, pergerakan jamaah dari pemondokan ke bandara tetap menggunakan bus yang sudah di-upgrade. Pemerintah Arab Saudi mengabulkan permintaan kita agar bus-bus tua tidak digunakan untuk melayani jamaah Indonesia,” terang Kasi Transportasi PPIH Arab Saudi Subhan Cholid.

BACA  KM Karya Indah Tujuan Ternate-Sanana Terbakar, Penumpang Terjun ke Laut

Menjelang pemulangan ke tanah air, barang bawaan di pemondokan diawasi lebih ketat. Termasuk di antaranya penimbangan berat barang bawaan dan sweeping benda-benda terlarang.

Laman: 1 2


Komentar