Minggu, 13 Juni 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Salat Gerhana Bulan di Masjid Darul Arqam Gorontalo

Oleh Berita Hargo , dalam Gorontalo , pada Kamis, 27 Mei 2021 | 00:05 WITA Tag:
  Sejumlah warga menunaikan Salat Khusuf di Masjid Darul Arqam, Gorontalo. (Foto: Istimewa/Nurhilmi Hasan untuk Hargo)


Hargo.co.id, GORONTALO – Dalam ajaran Islam, ketika terjadi gerhana maka setiap muslim dianjurkan untuk mengerjakan Salat Gerhana dua rakaat. yang mana ketika Gerhana Bulan yang disebut Salat Khusuf.

Peristiwa Gerhana Bulan Total yang terjadi di Indonesia hari ini, rupanya memberikan animo yang cukup besar bagi masyarakat khususnya di Kota Gorontalo. 

Rabu, (26/5/2021) bertepatan dengan 14 Syawal 1442 Hijriah, Masjid Darul Arqam Gorontalo melaksanakan Salat Khusuf, yang dimulai pada pukul 19.12 Wita.

Berdasarkan pantauan hargo.co.id, sejumlah warga Kota Gorontalo, mulai memadati area masjid sejak pukul 18.45 Wita.

Salat sunah dua rakaat tersebut dipimpin langsung oleh imam H. Abd. Latif Littie, S.Pd, M.Si dan khatib H. Abd.Rasjid Nomba, S.Ag, M.H.

Selain itu, pelaksanaan salat sholat gerhana bulan di tempat ini tetap menerapkan protokol kesehatan. Seperti, menjaga jarak dan jamaah wajib menggunakan masker.

Adapun fenomena alam yang terjadi saat ini merupakan suatu kebesaran Allah SWT, sehingga masyarakat diminta untuk mensyukuri dengan cara memperbanyak doa dan istighfar. 

“Lewat fenomena ini mari sama-sama kita mengagungkan kebesaran Allah SWT. dengan lebih meningkatkan ketakwaan serta menjauhi segala larangannya,” ujar  Abd. Rasjid Nomba.

Keistimewaan gerhana bulan kali ini adalah bulan berada dalam posisi terdekat dengan bumi karena bentuk orbit bulan terhadap bumi adalah elips, bukan lingkaran sempurna.(hilmi/ung/hargo).

BACA  Penanganan Stunting dan Pernikahan Anak Jadi Fokus Utama BKOW Gorontalo

Komentar