Kamis, 8 Desember 2022
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Sambut Tahun Baru Islam, Ini Dilakukan Warga Tibawa 

Oleh Berita Hargo , dalam Metropolis , pada Selasa, 11 September 2018 | 17:50 Tag: ,
  

Hargo.co.id, GORONTALO – Ada berbagai macam yang dilakukan umat Islam di Indonesia dalam menyambut Tahun  Baru Islam. Salah satunya yakni pawai obor yang dilakukan oleh warga Tibawa, Kabupaten Gorontalo (Kabgor).

Informasi yang berhasil dihimpun, pawai obor itu berlangsung pada 1 Muharram 1440 Hijriah atau pada Senin (11/09/2018) Masehi. Pawai obor yang dimulai dari Lapangan Basulapa dan finis di Masjid Istiqomah Satria, diikuti oleh ribuan peserta yang tergabung dalam 200 regu.

Mereka dari kalangan siswa SD, SMP dan  MTs, TPQ, remaja masjid, serta majelis taklim se Kecamatan Tibawa. Juga dihadiri santri yang mondok di Pesantren Alfatwa. Selain obor, juga menghadirkan meriam bambu atau oleh masyarakat lokal menyebutnya bunggo dari 35 orang.

Lebih menarik lagi, pada cara ini juga menghadirkan 10 ribu Tutulo yang disediakan oleh masyarakat setempat. Asisten I Setda Kabgor, Selmin Papeo mengungkapkan, pada pelaksanaan kegiatan ini, agak berbeda dari tahun-tahun sebelumnya.

“Selain melakukan pawai obor dan dzikir bersama, juga dirangkaikan dengan beberapa kegiatan seperti menghadirkan Tutulu sebanyak 10 ribu yang disajikan di Jalan Satria sepanjang 500 meter. Ini juga langsung dinikmati oleh warga yang hadir dan ikut menyemarakkan kegiatan ini,” katanya seraya menambahkan jika kegiatan ini dilombakan guna memperebutkan uang tunai sebesar Rp 10 juta. (ded/hg)

(Visited 6 times, 1 visits today)

Komentar