Minggu, 29 November 2020
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Sampah ‘Hiasi’ Bibir Sungai Bone, Waspadai Bencana Banjir

Oleh Berita Hargo , dalam Gorontalo Headline , pada Jumat, 13 November 2020 | 18:05 WITA Tag: ,
  Bau busuk dari tumpukan sampah di badang Sungai Bone membuat sejumlah bocah menutup hidung saat melintas diseputaran tumpukan sampah, Kamis (12/11/2020) (Foto: Natha/HARGO)


Hargo.co.id, GORONTALO – Sampah masih menjadi masalah yang tak kunjung usai di Kota Gorontalo. Kurang kesadaran masyarakat serta keterbatasan tempat pembuangan sampah menjadi pemicu warga membuang sampah sembarangan.

Seperti terlihat di tepi daerah aliran Sungai Bone di Kelurahan Botu, Kecamatan Kota Timur, Kota Gorontalo yang sudah dipnuhi sampah, Kamis (12/11/2020).

Pantauan media ini, badan sungai yang sudah kering dimanfaatkan warga sebagai tempat pembuangan sampah. Tampak tumpukan sampah plastik dari kemasan makanan dan minuman berhamburan di badan sungai tersebut. Namun, sampah keluarga masih mendominasi badan sungai. Sampah keluarga yang sudah dikemas dengan karung dan kantong plasitk terlihat menumpuk di badan sungai.

BACA  Tetap Jalankan 3M di Tempat Wisata

“Busuk sekali, banyak sampah dapur disini. Kalau sore banyak yang lewat dan buang sampah disini,” ujar Ansar salah satu bocah yang melintas di seputar badan sungai.

BACA  Uji Coba Vaksin, Jokowi Siap Disuntik Lebih Dulu

Ia mengaku sering lewat di lokasi itu untuk mengambil pasir atau sekedar memindahkan hewan ternak. Banyak warga yang sering menjadikan badang sungai sebagai tempat sampah. Padahal, kondisi sungai  sudah mengalami pendangkalan. Tumpukan sampah memperburuk kondisi sungai, jika hujan tiba sampah bisa memicu bencana banjir di Kota Gorontalo.

BACA  Begini Cara Personil Polsek Bolango Cegah Penularan Covid-19

“Yang biasa buang sampah orang dari jauh, kalau bukan pagi mereka datang sore,” katanya.

Ia pun berharap agar ada pengawasan dari pemerintah terkait masalah lingkungan tersebut. Jika dibiarkan berlarut-larut, sampah bisa menjadi bom waktu di Kota Gorontalo. Bencana banjir dan kerusakan lingkungan mengintai Kota Gorontalo dimasa mendatang. (tr69/hg)


Komentar