Minggu, 5 Juli 2020
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Sandi dan Relawan Jokowi Beri Sembako Untuk ‘Manusia Gerobak’

Oleh Tirta Gufrianto , dalam Kabar Nusantara , pada Senin, 18 Mei 2020 | 13:05 WITA Tag: , , , ,
  Ketua Umum Relawan Indonesia Bersatu Lawan Covid-19 Sandiaga Salahuddin Uno bersama relawan Galang Kemajuan Center (GKC) Jokowi memberikan paket sembako untuk warga. (Istimewa)


Hargo.co.id, JAKARTA – Ketua Umum Relawan Indonesia Bersatu Lawan Covid-19 Sandiaga Salahuddin Uno bersama relawan Galang Kemajuan Center (GKC) Jokowi kembali menyalurkan bantuan kepada para warga membutuhkan terdampak Covid-19. Sasaran penerimanya kali ini adalah pedagang mie ayam dan manusia gerobak.

Seperti dilansir Jawapos.com, Kelompok masyarakat ini diberi bantuan karena tidak terdata sebagai penerima bantuan pemerintah. Mereka pun diketahui tidak memiliki KTP Jakarta. Bantuan diberikan di RT 6/9, Kelurahan Pasar Manggis, Kecamatan Setiabudi, Jakarta Selatan.

“Kami baru saja melakukan kegiatan mendata masyarakat penerima bantuan. Banyak yang belum tersentuh bantuan, oleh karena itu hari ini bersama relawan kita turun,” kata Sandi kepada wartawan, Senin (18/5).

BACA  Lion Air Tawarkan Layanan Rapid Test Rp 95.000

Adapun paket sembako yang dibagikan berupa beras, gula, susu, kecap, telur dan lain-lain. Seluruhnya ada 350 paket sembako yang dibagikan kepada warga.

Melalui bantuan ini, Sandi berharap warga bisa dibantu dalam memenuhi kebutuhan hidup di tengah pandemi Covid-19. Pasalnya selama wabah melanda, banyak warga penghasilannya turun.

“Tapi biaya terus meningkat terutama karena kenaikan beberapa komoditas seperti gula, juga membebani masyarakat. Oleh karena itu bantuan ini diharapkan meringankan beban masyarakat,” imbuhnya.

Selain pemberian bantuan paket sembako, Sandi pun menargetkan wilayah tersebut bisa dijamaah oleh mobile rapid test berbasis PCR. Mengingat sebagai wilayah padat penduduk, namun para warganya belum dipastikan kesehatannya.

BACA  Diuji Coba ke Hewan, Calon Vaksin Covid-19 Hasilnya Menjanjikan

Sandi bersama relawan Jokowi.kemudian bergeser ke lokasi baksos kedua di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan. Di sana Sandi juga memberi sembako kepada manusia gerbok atau pengemis pembawa gerobak. “Ini untuk meringankan beban,” tambahnya.

Dia pun mengingatkan kepada manusia gerobak tersebut agar tetap menjaga kesehatan di tengah wabah Covid-19. Pasalnya mereka masih beraktivitas di luar rumah ketika ada kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

“Tetap jaga kesehatan, pakai masker jangan lupa. Menurut saya yang harus kita lakukan adalah lawan Covid-19, tapi mulai beradaptasi dengan realita baru, beginilah kita semua pakai masker tidak boleh tidak pakai masker, jaga jarak,” tukas Sandi.

BACA  Terkait Dana BOS, Nadiem: Bisa Digunakan Untuk Beli Kuota Internet

Sementara itu, ibu rumah tanggah Hannah selaku penerima bantuan merasa bersyukur atas bantuan ini. Mengingat dia belum menerima bantuan dari pemerintah sampai saat ini. “Alhamdulilah sekali, saya belum dapat bantuan kebetulan pak,” ucapnya.

Dalam pemberian bantuan sembako ini, Sandi didampingi Ketua umum GKC Jokowi, Kelik Wirawan; Sekjen GKC Jokowi, Didi Budiono; dan Bendahara GKC Jokowi, Ade Rukmini.(br/sat/jawapos/hg)

 

 

 

 

*) Artikel ini telah diterbitkan oleh Jawapos.com dengan judul yang sama. Pada edisi Senin, 18 Mei 2020.

Komentar