Rabu, 12 Mei 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Satgas Covid-19: Angka Kematian Dokter dan Nakes Menurun Setelah Program Vaksinasi

Oleh Tirta Gufrianto , dalam Kabar Nusantara , pada Senin, 15 Maret 2021 | 19:05 WITA Tag: ,
  Ilustrasi vaksinasi Covid-19. (Foto: beritasatu/Ruht Semiono)


Hargo.co.id, JAKARTA – Ketua Satgas Penanganan COVID-19 Doni Monardo menyebutkan angka kematian dokter dan tenaga kesehatan (nakes) di Indonesia mengalami peningkatan pada Desember 2020 sampai awal Januari 2021.

Sebab, kata Doni, pada periode tersebut pasien positif COVID-19 cukup tinggi.

Hal itu diperparah dengan tingkat keterisian tempat tidur di rumah sakit (RS) di Pulau Jawa dan Bali yang mencapai 100 persen.

BACA  Prihatin Membludaknya Masyarakat di Pasar Tanah Abang, Fadel Minta Pengunjung Dibatasi

“Angka kematian dokter meningkat. Terutama, pada Desember sampai januari,” kata Doni dalam rapat kerja antarlembaga dengan Komisi IX tentang Evaluasi Penanganan Covid-19 Setahun di gedung DPR, Jakarta, Senin (15/3).

Dia pun menuturkan peningkatan angka kematian dokter dan nakes disebabkan oleh beban rumah sakit tinggi.

Saat beban RS tinggi, dokter berpotensi terpapar Covid-19.Kemudian potensi meninggalnya pun meningkat setelah terpapar Covid-19.

BACA  Sidang Suap Bansos Covid-19, Sejumlah Pejabat di Kemensos Kecipratan Rp 32 M dari Juliari

“Semua perlu belajar dari hal ini, ketika libur panjang, kasus aktif akan meningkat pesat. Berdampak pada RS penuh sehingga dokter dan nakes terpapar Covid-19,” ungkap Doni.

Namun, kata dia, program vaksinasi dan kebijakan menekan penularan Covid-19 dieksekusi pemerintah pada Januari sampai saat ini.

Hal itu membuat angka kematian dokter dan nakes menurun drastis.

BACA  Positif Covid-19, Ustaz Tengku Zulkarnain Meninggal Dunia

“Setelah adanya program vaksinasi dan upaya satgas membentuk bidang perlindungan nakes, alhamdulillah angka kematian dokter dan nakes mengalami penurunan signifikan,” tutur mantan Danjen Kopassus itu. (ast/jpnn/hargo)

 

 

 

*) Artikel ini telah tayang di JPNN.com, dengan judul: “Angka Kematian Dokter dan Nakes Menurun Setelah Program Vaksinasi“. Pada edisi Senin, 15 Maret 2021.

Komentar