Senin, 30 November 2020
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Satgas Pastikan Kehalalan Vaksin Covid-19

Oleh Berita Hargo , dalam Gorontalo , pada Minggu, 15 November 2020 | 04:05 WITA Tag: , , ,
  Ilustrasi. Vaksin Covid-19


Hargo.co.id, JAKARTA – Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19, Prof Wiku Adisasmito memastikan bahwa vaksin yang akan digunakan di Indonesia memenuhi aspek kehalalan. Selain halal, aspek keamanan dan efektivitas turut menjadi dasar penilaian untuk menggunakan vaksin corona.

Hal itu disampaikan Wiku saat menghadiri konferensi pers tentang Perkembangan Terkini Penanganan Covid-19 yang disiarkan akun Youtube BNPB Indonesia, Sabtu (14/11/2020).

“Vaksin yang akan digunakan di Indonesia atas kerja sama internasional atau pengembangan dalam negeri, itu dipastikan aman dan efektif. Tentunya karena kita adalah negara muslim, vaksin-vaksin tersebut juga harus halal,” ucap Wiku seperti yang dilansir jpnn.com.

BACA  Sirkulasi Udara di Mapolsek Bone Raya Harus Dijaga

Terkait jaminan halal, kata Wiku, pemerintah sangat berhati-hati sebelum menggunakan vaksin. Bahkan, pemerintah melibatkan Majelis Ulama Indonesia (MUI) mendampingi Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) untuk meneliti vaksin Covid-19 yang akan dipakai di dalam negeri. Baca Juga: Kisah Pak Ngadiman, 118 Kali Donor Darah, 34 Tahun Harus Melawan Rasa Takut

BACA  Walikota Gorontalo Segera Kembalikan Program yang Tertinggal

“Pada saat ini MUI bersama dengan Badan POM dan kementerian lembaga lainnya juga sudah me-review beberapa kandidat vaksin tentang aspek kehalalannya. Tentunya nanti akan berkembang juga dengan produk-produk lainnya yang akan diakses oleh pemerintah Indonesia,” tutur Wiku.

Sementara itu, Ketua Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Doni Monardo menyinggung tentang protokol kesehatan yang wajib dilaksanakan rakyat Indonesia.

BACA  Saat Vaksinasi Berlangsung, Protokol Kesehatan Harus Diterapkan

Sebelum vaksin diresmikan, protokol kesehatan merupakan cara paling ampuh mencegah penularan Covid-19.

“Saya mengulangi kembali sejumlah penjelasan yang disampaikan Presiden (Joko Widodo, red) bahwa sebelum vaksin ini diberikan pada masyarakat melalui prosedur yang ada, vaksin terbaik adalah patuh terhadap protokol kesehatan yaitu menggunakan masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan,” pungkas Doni.(ast/jpnn)

#IngatPesanIbu

Memakai masker

Menjaga jarak & menghindari kerumunan

Mencuci tangan dengan sabun


Komentar