Rabu, 25 November 2020
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Satgas Saber Pungli Sambangi Gorontalo, Jangan Takut Melapor

Oleh Fajriansyach , dalam Headline Metropolis , pada Senin, 20 November 2017 | 11:06 WITA Tag: ,
  


Hargo.co.id GORONTALO – Kendati dari kuantitas tak sebanding kota-kota besar lainnya. Praktek pungutan liar (Pungli) di wilayah Gorontalo tak bisa dipandang remeh. Sejak terbentunya Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar (Satgas Saber Pungli), sedikitnya sudah ada 15 kasus pungli yang ditangani.

Menariknya, dari 15 kasus pungli yang ditangani itu melibatkan beragam kalangan. Mulai dari oknum aparatur negeri sipil (ASN), kepala desa, lembaga swadaya masyarakat (LSM), hingga masyarakat biasa.

“Kondisi ini menggambarkan praktek pungli merupakan kebiasaan buruk yang sudah mengakar. Karena itu Satgas Saber Pungli dibentuk untuk memberantas kebiasaan buruk tersebut,” ujar Pokja Pencegahan Satgas Saber Pungli Komenko Polhukam RI Letkol CPM E.Agustian saat bertandang ke Graha Pena Gorontalo, Ahad (19/11).

BACA  Densus 88 Tangkap Terduga Teroris Petinggi Jamaah Islamiyah di Lebak

Menurut Letkol CPM E.Agustian, untuk memberantas praktek pungli dibutuhkan keberanian. Karena itu masyarakat diimbau agar tak takut untuk melaporkan praktek pungli. Sebab, pelapor diberi jaminan keamanan.

“Tanpa laporan masyarakat, Satgas Saber Pungli sulit bergerak. Karena itu dibutuhkan kesadaran dan keberanian masyarakat untuk melaporkan pungli,” kata Letkol CPM E.Agustian.

Lebih lanjut, Letkol CPM E.Agutian mengakui, memang masih banyak masyarakat yang belum paham ataupun mengetahui cara melaporkan pungli. Termasuk Peraturan Presiden (Perpres) nomor 87 tahun 2016 tentang Satgas Saber Pungli. Karena itu Satgas Saber Pungli akan mengadakan sosialisasi Perpres 87/2016.

BACA  Kampanyekan SMS, Para Pesohor Partai Golkar Mulai Turun ke Pohuwato

Sosialisasi yang akan menghadirkan Sekretaris Satgas Saber Pungli itu akan dilaksanakan di Grand Q Hotel, Kota Gorontalo, Selasa (21/11) pukl 08.30 wita. Narasumber yang akan hadir di antaranya Sekretaris Satgas Saber Pungli RI Irjen Pol. Muh.Ghufron, Irwasda Polda Gorontalo serta Dekan Fakultas Hukum UG.

“Kegiatan ini terbuka untuk seluruh masyarakat Gorontalo. Dalam sosialisasi ini akan dijelaskan apa itu Satgas Saber Pungli serta cara masyarakat melapor. Untuk itu kami mengharapkan peran serta masyarakat Gorontalo untuk bisa hadir dalam sosialisasi tersebut,” imbau Letkol CPM E.Agustian.

BACA  Simak Kisah Dua Orang yang Sembuh dari Covid-19 di Gorontalo

Sekadar informasi, Satgas Saber Pungli dibentuk dengan Peraturan Presiden (Perpres) nomor 87 tahun 2016. Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan menjadi pengendali/penanggungjawab Satgas Saber Pungli.

Ketua Pelaksana: Inspektur Pengawasan Umum (Irwasum) POLRI, Wakil Ketua Pelaksana I: Irjen Kemendagri, Wakil Ketua Pelaksana II: Jamwas Kejagung. Sekretaris: Staf Ahli Kemenko Polhukam. Sementara untuk anggota terdiri: Polri, Kejagung, Kemendagri, Kemenkumham, PPATK, Ombudsman, BIN serta POM TNI.(tr-58/san/hg)


Komentar