Jumat, 18 Juni 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Sebanyak 1.205 Jiwa dan 317 Hektar Sawah Terdampak Banjir di Limboto Barat

Oleh Berita Hargo , dalam Indonesia 99 Kata Metropolis , pada Rabu, 5 Mei 2021 | 23:05 WITA Tag: ,
  Rumah penduduk yang terendam banjir di Limboto Barat. (Foto: Istimewa/Dok. Kepolisian)


Hargo.co.id, GORONTALO – Hujan dengan intensitas tinggi yang mengguyur wilayah Kabupaten Gorontalo, Rabu (05/05/2021) mengakibatkan sebanyak Tiga Kelurahan di Kecamatan Limboto dan Empat Desa Kecamatan Limboto Barat dilanda Banjir. 

Data sementara yang diterima Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Gorontalo, banjir tersebut melanda sebagian wilayah Kelurahan Hunggaluwa, Kelurahan Bolihuangga dan Kelurahan Tenilo kecamatan Limboto. Tidak ada korban jiwa di tiga kelurahan tersebut. 

Di kecamatan Limboto Barat, banjir yang merendam Desa Haya-Haya, Desa Padengo, Desa Yosonegoro dan Desa Tunggulo menyebabkan sebanyak 357 rumah warga dan 1.205 Jiwa terdampak banjir. 

“Kondisi saat ini ini ada kurang lebih 1.203 jiwa masyarakat yang terdampak banjir, itu” kata Kepala BPBD Kabupaten Gorontalo, Sumanti Maku lewat pesan tertulis saat diwawancarai Hargo.co.id

Tak hanya merendam rumah warga, Banjir juga menyebabkan kerusakan di 317 hektar areal pertanian milik warga. Di kecamatan Limboto, banjir merendam 155 Hektar padi berumur 7 – 30 hari. Sedangkan di kecamatan Limboto Barat, 155 hektar padi berumur 14 – 30 hari juga terendam banjir. 

Sumanti Maku mengatakan, Pihaknya telah menurunkan Tim Reaksi Cepat (TRC) ke lokasi untuk melakukan penanganan, diantaranya melakukan pemantauan, evakuasi dan pendataan korban bencana. 

“Untuk Kelurahan Tenilo, biasanya cepat surut. Saat ini tim TRC sedang melakukan penanganan, diantara dengan menyedot air di rumah warga dengan menggunakan mesin penyedot air,” kata Sumanti Maku.(hiu/hargo)

BACA  Warga Datahu Kebanjiran Saat Rayakan Lebaran Ketupat 

Komentar