Ilustrasi Golput Pilkada 2020. (Foto: Istimewa)

Sebanyak 122 Pemilih di Desa Margomulya Tak Gunakan Haknya

Kab. Gorontalo

Hargo.co.id, GORONTALO – Sebanyak 122 orang warga pemilih yang derada di Desa Margomulya, Kecamatan Tolangohula, Kabupaten Gorontalo, diduga tidak menggunakan hak pilihnya.

Itu dikabarkan dengan adanya hasil penghitungan suara yang dilakukan oleh pihak panitia di TPS 2 Desa Margomulya, dimana dari 422 kertas suara yang ada, mendapatkan hasil 299 suara yang sah dan 1 suara yang tidak sah, maka dari hasil ini dinyatakan ada 122 pemilih yang tidak menggunakan hak pilihnya dalam Pilkada Kabupaten Gorontalo Tahun 2020.

banner 728x485

Dikonfirmasi terpisah melalui via telepon, Kadir Mertosono selaku Komisioner KPU Kabupaten Gorontalo mengatakan bahwa hal tersebut di luar dugaan dari pihaknya, dan kembalinya itu juga merupakan hak prerogatif warga.

“Itu diluar dugaan kami, dan pada intinya kami sudah melakukan sosialisasi untuk datang ke TPS dan menggunakan hak pilihnya. Untuk alasannya kita belum tahu pasti, mungkin saat itu mereka ada diluar daerah dan lain-lain. Namun kembali lagi, itu adalah hak prerogatif mereka,” kata Kadir Mertosono.

Informasi yang berhasil dihimpun, di TPS 2 Desa Margomulya, Kecamatan Tolangohula, Kabupaten Gorontalo sendiri, berdasarkan data C1 ada 299 suara yang sah diperoleh dari Paslon nomor urut 01 dengan jumlah suara 119 suara, Paslon nomor urut 02 memperoleh 98 suara, Paslon nomor urut 03 meraih 48 suara, dan Paslon nomor urut 04 memperoleh 34 suara.(lya/hg)