Sabtu, 8 Agustus 2020
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Sebanyak 2.010 Sertifikat Tanah Gratis Dibagikan Bupati Gorontalo

Oleh Berita Hargo , dalam Advertorial Kab. Gorontalo , pada Minggu, 12 Juli 2020 | 17:05 WITA Tag: ,
  Penyerahan secara simbolik bantuan sertifikat tanah gratis oleh Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo, kepada masyarakat Jumat (10/07/2020). (Foto Istimewa)


Hargo.co.id, GORONTALO – Pemerintah Kabupaten Gorontalo membagikan 2.010 sertifikat tanah secara gratis kepada pemilik tanah.

Pembagian ini diawali dengan penyerahan secara virtual dari Kementerian Agraria kepada Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo, yang dilanjutkan dengan penyerahan secara simbolik dari bupati kepada perwakilan warga di Aula Rumah Dinas Bupati, Jumat (10/07/2020).

Menurut Nelson Pomalingo, sertifikat tanah menjadi sangat penting, bukan hanya sebagai dokumen legal atas kepemilikan tanah. Tetapi juga memberikan peluang bagi warga untuk mendapatkan permodalan.

BACA  Investor di Gorontalo Utara Diminta Rekrut SDM Lokal

“Alhamdulillah melalui program percepatan Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) yang bekerja sama dengan pemerintah daerah. Di Kabupaten Gorontalo dari 130.000 lahan mestinya bersertifikat, saat ini yang bersertifikat 91.000, atau kurang lebih 63 persen sudah ada sertifikatnya. Belum lagi ditambah jatah 2.500 sertifikat untuk tahun ini,” beber Nelson Pomalingo.

Selama tiga tahun ini, masyarakat mendapat kemudahan dalam pengurusan sertifikat karena biayanya ditanggulangi pemerintah.

BACA  BPN Diminta Tak Terbitkan Sertifikat Tanah di Zona Danau Limboto

“Maka patut disyukuri atas program dari Presiden RI,” lanjut Nelson Pomalingo.

Namun, pekerjaan rumah Pemkab Gorontalo bukan hanya soal sertifikat tanah rakyat. Masalah aset daerah yang belum bersertifikat, program TORA atau tanah yang dibagikan menjadi milik rakyat, hingga sertifikasi kawasan Danau Limboto.

“Terakhir  pembebasan tanah khususnya Secaba berkaitan dengan Tanah HGU di Kabupaten Gorontalo,” ujarnya.

BACA  Gubernur Serahkan Sapi Kurban Milik Presiden ke Masjid di Suwawa

Rencananya 2.010 sertifikat tanah ini akan mulai dibagikan secara maraton selama 20 hari ke depan. Dengan target 100 sertifikat dalam sehari, sesuai dengan protokol kesehatan. Kabupaten Gorontalo tahun ini mendapat jatah program  sebanyak 2.500 sertifikat, artinya masih ada 490 sertifikat lagi yang akan dibagikan.

“Kita targetkan Agustus seluruh sertifikat sudah ada di tangan rakyat,” tegas Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Gorontalo Kusno Katili. (nat/gp/hg)


Komentar