Sebanyak 20 Aleg Terpilih Partai Gerindra Diberi Bobot

Ketua DPD Partai Gerindra Provinsi Gorontalo, Elnino M. Husein Mohi saat memberi materi pada Bimtek. (Foto Istimewa0

Hargo.co.id, GORONTALO – Agar dalam menjalankan fungsi pengawasan dengan baik, sebanyak 20 orang anggota legislatif (Aleg) terpilih Partai Gerindra diberi bobot melalui Bimtek. Kelak ketika duduk sebagai legislator, dapat mengawasi eksekutif dalam menjalankan roda pemerintahan.

Penegasan ini disampaikan Ketua DPD Partai Gerindra Provinsi Gorontalo, Elnino M. Husein Mohi saat membuka Bimtek di Andalas Room, Maqna Hotel, Kamis (22/08/2019). Peserta Bimtek adalah Aleg terpilih pada Pemilu legislatif 2019 lalu di DPRD kabupaten/kota, provinsi dan DPR RI.

“Sangat penting Aleg Partai Gerindra menguasai data-data ekonomi dalam mengawasi eksekutif menjalankan roda pemerintahan. Alasannya, karena harus mengawasi pemerintah dengan data,” kata Elnino M. Husein Mohi.

Ditambahkan oleh Elnino M. Husein Mohi, pihaknya sengaja mengundang Aleg petahana dan pemateri seperti ekonom, akademisi dan Ombudsman guna meningkatkan kapasitas Aleg Gerindra.

“Hasilnya, kelak tugas-tugas sebagai legislator berjalan maksimal sesuai harapan dan kehendak rakyat” ujar Elnino M. Husein Mohi.

Sementara itu, Ketua Panitia BIMTEK, Nasir Majid mengatakan, selama seharian penuh, peserta yang terdiri dari Aleg terpilih ini akan disuguhkan materi-materi yang berkaitan dengan tugas-tugas di DPRD.

“Kita undang akademisi bidang ekonomi untuk memberikan gambaran kondisi ekonomi di Provinsi Gorontalo dan kabupaten/kota berdasarkan data yang diperoleh melalui riset yang panjang, sehingga para Aleg memahami betul seperti apa kondisi di daerah masing-masing,” jelasnya.

Para pemateri yang hadir yakni Amir Arham, yang menyajikan materi Arah Pembangunan dan Ekonomi Gorontalo. Harun Djaini mengulas tentang fungsi legislasi. Sementara Boby Rantow Payu, ekonom yang juga ahli statistika mengisi materi tentang alur perencanaan daerah.

Sementara untuk meningkatkan kualitas legislator Gerindra tentang kualitas pelayanan publik, panitia juga menghadirkan Kepala Ombudsman Gorontalo, Alim Niode.

Bimtek yang digelar sehari ini juga dihadiri ketua-ketua Dewan Pimpinan Cabang Gerindra kabupaten/kota. (red/hg)

-