Rabu, 25 Mei 2022
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Sebanyak 22 Desa dan Kelurahan Jadi Pilot Project Program Gorontalo Digital

Oleh Admin Hargo , dalam Gorontalo , pada Selasa, 19 April 2022 | 20:05 Tag: , ,
  Transformasi Digital Layanan Masyarakat Di Tingkat Desa/Kelurahan Provinsi Gorontalo. (Foto: Ardiansyah Kandoli/Untuk HARGO)

Hargo.co.id, GORONTALO – Bertempat di salah satu hotel yang ada di Kota Gorontalo, Pemerintah Provinsi Gorontalo menggelar peluncuran Gorontalo Digital sebagai Transformasi Digital Layanan Masyarakat di tingkat Desa dan Kelurahan, Selasa (19/04/2022). 

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Wakil Gubernur Gorontalo, Idris Rahim, serta diikuti oleh perwakilan bupati, walikota Se Provinsi Gorontalo. Selain itu tidak ketinggalan selaku penyelenggara, Kepala Dinas Kominfo dan Statistik Provinsi Gorontalo Masran Rauf bersama jajarannya, serta para Kepala Desa dan Lurah yang terpilih menjadi program Gorontalo Digital. 

Adapun 22 desa/kelurahan yang menjadi Pilot Project Program Gorontalo Digital tersebut yaitu dari Kota Gorontalo ada Kelurahan Tenda, Huangobotu, Tomulabutao Selatan, Donggala, Libuo dan Dembe Jaya. Sedangkan untuk Kabupaten Gorontalo ada Desa Bulota, Dutulanaa, Bongohulawa, Pantungo, dan Bongo. 

Sementara itu untuk Gorontalo Utara ada Desa Molingkapoto dan Tolinggula Tengah. Disusul dari Bone Bolango, Desa Tingkohubu Timur, Huangobotu, Toto Utara, Toto Selatan dan Olele. Dan untuk Pohuwato ada Desa Buntulia Barat dan Palopo,  sementara dari Boalemo ada Desa Hungayonaa dan Kaaruyan. 

“Selamat terwujudnya Program Gorontalo Digital. Tingkatkan koordinasi, sinergitas, kolaborasi lintas daerah, agar tanggung jawab bisa kita pikul dengan sebaik – baiknya. Saya berharap semoga daerah Gorontalo menuju daerah Gorontalo yang unggul, maju dan sejahtera,” kata Idris Rahim. 

Lebih lanjut Wagub juga mengatakan, dimana pemerintah ditunjuk untuk bisa menghadirkan layanan yang lebih cepat mudah, transparan, akuntabel melalui penyediaan sarana prasarana digital sejahtera atau melalui jaringan internet. Menyadari kondisi tersebut, pemerintah Provinsi Gorontalo, melalui Kepala Dinas Kominfo dan Statistik Provinsi Gorontalo menggagas program peluncuran Gorontalo Digital. 

“Dr. Wawan Munawar Kholid mengharapkan dengan adanya Program Gorontalo Digital ini, akan mempermudah dengan satu kali pendataan antara berbagai aplikasi android, sehingga desain tidak berulang – ulang dan melapor hal yang sama. Juga dasarnya sama, tidak terlepas dari nama NIK dan sebagainya,” katanya.

Dalam kesempatan itu, Menteri Kominfo, Jhony G Plate menyatakan ungkapan selamat dan sukses atas diluncurkannya Gorontalo Digital tersebut. Pihaknya berharap inisiatif ini mampu mengakselerasi peranan dari masyarakat sekaligus mendorong sistem informasi desa berbasis digital. (***) 

 

Penulis : Ardiansyah Kandoli *

*) Penulis adalah mahasiswa magang dari UNG

(Visited 70 times, 1 visits today)

Komentar