Selasa, 24 Mei 2022
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Sebanyak 65 Petani Milenial Ikuti Bimtek Budidaya Durian di Sulteng

Oleh Admin Hargo , dalam Gorontalo , pada Kamis, 27 Januari 2022 | 20:35 Tag: , , , , ,
  Wagub Gorontalo H. Idris Rahim saat foto bersama dengan perwakilan kaum milenial yang mengikuti bomtek di Kabupaten Parigi Moutong, Sulawasi Tengah. (Foto: Istimewa)

Hargo.co.id, PARIMO – Dinas Pertanian Provinsi Gorontalo memfasilitasi 65 orang kaum milenial untuk mengikuti bimbingan teknis budidaya buah durian di Desa Orogandu, Kecamatan Bolano Lambunu, Kabupaten Parigi Moutong (Parimo) Sulawesi Tengah (Sulteng) Rabu (26/01/2022).

Adapun peserta yang mendapatkan kesempatan mengikuti bimtek itu sendiri berasal dari Atinggola, Sumalata, Tolinggula, Labanu, Tibawa, Dulamayo, Talaga, Talaga Biru, Tapa, Suwawa, Taludaa, Wonosari, Randangan, Taluditi dan Popayato.

Para kaum milenial ini mendapat bimbingan langsung dari produsen buah dan bibit durian  I Ketut Kari dan narasumber Dinas Pertanian Provinsi Gorintalo, yang berlangsung selama 3 hari terhitung mulai dari Senin (24/01/2022) hingga Rabu (26/01/2022).

Dalam kegiatan tersebut para peserta diajarkan tentang budidaya durian mulai dari persiapan lahan, pembuatan lubang tanam, penanaman, pemupukan, pengendalian OPT, pemangkasan, sampai pada proses panen.

Para peserta juga diajak praktik cara perbanyakan benih secara vegetatif, yaitu teknik perbanyakan melalui sambung pucuk dan okulasi. Persiapan batang bawah, media tanam, serta teknik pemilihan bahan sambung (entris) dari pohon induk.

Selain itu I Ketut Kari sang instruktur juga mengajarkan prosedur sertifikasi benih/bibit durian. Prosedur sertifikasi dimulai dari penetapan pohon induk, perawatan, sertifikasi mulai dari pendaftan produsen, rencana sertifikasi, sampai pada pelabelan.

“Kami juga mengenalkan keberadaan varietas durian lokal yang tersebar di Gorontalo,” kata I Ketut Kari.

Sejumlah petani milenial yang mengikuti kegiatan ini mengaku sangat bersyukur atas bimbingan teknis yang diselenggarakan oleh Dinas Pertanian Provinsi Gorontalo.

“Kami berterima kasih kepada Gubernur Gorontalo Rusli Habibie dan Wakil Gubernur Idris Rahim yang telah memfasilitasi kaum muda untuk belajar membudidayakan durian melalui bimbingan teknis ini,” ungkap Eki Alim (Petani milenial asal Desa Dumbaya Bulan, Kecamatan Suwawa Timur, Kabupaten Bone Bolango).

Hal senada juga disampaikan peserta asal Desa Dunggala, Kecamatan Tapa, Kabupaten Bone Bolango, yang mengatakan kegiatan ini sangat bermanfaat karena mereka langsung praktik di lapangan dengan produsen bibit dan buah.

“Kami sangat senang karena bisa praktik langsung, sehingganya ini sangatlah bermanfaat bagi kami. Dukungan yang luar biasa dari Gubernur dan Wakil Gubernur ini memberi dampak pada pengetahuan dan semangat Bertani kaum muda, terutama dalam perbanyakan bibit durian,” ujar Firmansyah umar.

Disamping itu keseluruhan petani milenial ini juga tidak lupa berterima kasih kepada Dinas Pertanian Provinsi Gorontalo atas penyelenggaraan kegiatan tersebut, hingga kepada pemerintah Kabupaten Parimo, terlebih kepada instruktur I Ketut Kari atas ilmu dan pengetahuan yang telah diberikan.(*)

Penulis: Zulkifli Polimengo

(Visited 48 times, 1 visits today)

Komentar