Sebanyak 89 Patroli Sekolah Siap Bertugas

Kasat Lantas Polres Gorontalo Kota, AKP Ryan Dodo Hutagalung,SH,SIK melantik 89 orang siswa Patroli Keamanan Sekolah (PKS) Polres Gorontalo Kota.

Hargo.co.id, GORONTALO – Kurang lebih 89 orang siswa, Jumat (9/8) resmi dilantik sebagai anggota Patroli Keamanan Sekolah (PKS) angkatan ke VI, Polres Gorontalo Kota. Pelantikan itu sendiri dipimpin langsung oleh Kasat Lantas AKP Ryan Dodo Hutagalung,SH,SIK yang bertempat di aula Wira Satya Polres Gorontalo Kota.

Dijelaskan AKP Ryan Dodo Hutagalung,SH,SIK, ada 89 orang siswa yang terdiri dari 27 orang laki-laki dan 62 orang perempuan telah dilantik sebagai anggota PKS. Para siswa tersebut merupakan gabungan siswa yang terdiri dari beberapa sekolah. Diantaranya, SMA Negeri 1, SMA Negeri 2, SMA Negeri 3, SMA Negeri 4, SMK Kesehatan dan MAN Model Kota Gorontalo.

“Tugas PKS mirip dengan tugas Patroli Jalan Raya (PJR) yang dilaksanakan oleh Polisi Lalu Lintas. Yang membedakannya adalah, PJR bertugas di jalan untuk melakukan pengawasan keamanan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas di jalan. Sedangkan PKS bertugas di lingkugan sekolah serta jalan menuju ke sekeloha,” jelasnya.

Lanjut kata Alumnus Akpol 2010 ini, tugas anggota PKS adalah mengatur lalu lintas di lingkungan sekolah dan lingkungan sekitar sekolah, khususnya pada saat siswa menyeberang jalan menuju sekolah atau ketika pulang sekolah. PKS pula dapat bertugas melakukan pengamanan pada setiap kegiatan sekolah.

“Pada 5 Mei 1975 dibentuk yang namanya Polisi Keamanan Sekolah, namun pada saat itu tugasnya terbatas. Nanti pada 5 Juni 1975 Polisi Keamanan Sekolah diganti dengan Patroli Keamanan Sekolah dengan persetujuan dari Letkol Anton Soedjarwo. Mereka bertugas untuk memantau tindakan negative yang terjadi di sekolah, yang selanjutnya akan dilaporkan kepada guru. Tak hanya saja, mereka pun bertanggungjawab untuk mengetahui tentang bidang kelalulintasan hingga peraturan-peraturan lalu lintas. Kami berharap agar 89 siswa yang telah dilantik ini bisa melaksanakan tugasnya dengan baik sebagai anggota PKS dalam membantu tugas-tugas Polisi Lalu Lintas,” pungkas mantan Kapolsek Kota Selatan ini. (kif/hg)

-