Minggu, 23 Januari 2022
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Secara Bertahap, Kualitas RS ZUS Kwandang Ditingkatkan 

Oleh Admin Hargo , dalam Kab. Gorontalo Utara , pada Jumat, 3 Desember 2021 | 20:05 PM Tag: , ,
  Plh. Sekda Gorontalo Utara, Suleman Lakoro

Hargo.co.id, GORONTALO – Kualitas Rumah Sakit Zainal Umar Sidiki (RS ZUS) Kwandang secara bertahap akan ditingkatkan oleh pemerintah. Ini terkait dengan kualitas pelayanan dan juga fasilitas rumah sakit tersebut. 

“Sebagai pemerintah daerah, tidak menutup mata dengan keberadaaan Rumah Sakit ZUS dalam rangka peningkatan pelayanan. Terutama penyiapan SDM maupun peralatan kesehatan penunjang pelayanan,” kata Pj. Sekda Gorontalo Utara (Gorut), Suleman Lakoro beberapa waktu lalu. 

Lanjut katanya, jika anggaran untuk pembangunan Rumah Sakit Pratama di Tolinggula dialihkan ke Rumah Sakit ZUS, tentu pelayanannya akan semakin meningkat dan maksimal. Hanya saja, anggaran yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) sudah diatur dari pusat.

“Namun demikian, keberadaan dana PEN yang telah diajukan Pemkab Gorontalo Utara, paling tidak dapat membantu meningkatkan pelayanan di rumah sakit tersebut. Karena salah satu penggunaan dana PEN untuk meningkatkan pelayanan kesehatan di Rumah Sakit ZUS dengan nilai Rp 35 Miliar,” ungkapnya. 

Sehingga, kata Suleman Lakoro, hal tersebut merupakan upaya pemerintah daerah dalam rangka mewujudkan pelayanan kesehatan yang lebih baik lagi di Rumah Sakit ZUS. 

“Tentu salah satu peningkatan pelayanan kesehatan, dengan meningkatkan kualitas SDM dan peralatannya sudah lengkap. Insya Allah itu menjadi salah satu indikator menurunkan Angka Kematian Ibu (AKI) di Gorut, di samping juga masalah-masalah teknis, seperti ada ibu hamil yang meninggal karena hipertensi, sehingga itu yang kita rumuskan hari ini untuk kita lakukan perbaikan ke depan,” kuncinya. (***)

 

Penulis: Alosius M. Budiman

(Visited 7 times, 1 visits today)

Komentar