Jumat, 30 Oktober 2020
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Seekor Penyu Lekang Nyaris Jadi Sate

Oleh Berita Hargo , dalam Metropolis , pada Jumat, 7 April 2017 | 10:36 WITA Tag: , ,
  


MARISA – Hargo.co.id Lagi-lagi tim patroli pengaman hutan fungsional BKSDA Sulut SKW II Gorontalo mengamankan seekor penyu lekang di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Paguat, kemarin, Kamis (6/4).

Rencananya, penyu lekang hasil tangkapan nelayan itu akan dijual dan sudah tentu selanjutnya akan dikonsumsi. Dari informasi yang dirangkum Gorontalo Post, seekor penyu lekang berhasil diamankan oleh petugas yang dipimpin langsung oleh Risno Hakim bersama dengan anggota resort Cagar Alam (CA) Panua di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Paguat.

BACA  Aksi Tolak Omnibus Law di Gorontalo Kembali Berakhir Ricuh

Pada saat itu, biota laut yang dilingungi ini akan diperjualbelikan oleh oknum nelayan setempat. “Alhamdulillah, berhasil kami selamatkan sebelum dijual. Kami pun berterima kasih karena masyarakat mau bekerjasama dan kedepan kami berharap agar tidak dilakukan jual beli atau pembunuhan terhadap penyu lekang,” harap Risno Hakim.

BACA  Polisi Gunakan Metode Hunting dalam Operasi Zebra

Ditambahkan pula, pengamanan satwa dilindungi ini dilakukan melalui kerjasama pengawasan peredaran tumbuhan dan satwa antara BKSDA Sulut SKW II Gorontalo, Dinas Kelautan dan Perikanan Pohuwato (TPI Paguat), KPHL Unit III Pohuwato serta sejumlah pihak terkait lainnya.

BACA  Tim Resmob Rajawali Ringkus Dua Pelaku Pencurian di Kota Gorontalo

“Saat ini Penyu Lekang telah diselamatkan dan dipelihara di bak pemeliharaan resort CA Panua yang ada di Kecamatan Paguat. Penyu itu pula saat ini akan dipulihkan dan nantinya bakal dilepas kembali,” pungkasnya.(kif/hg)


Komentar