Selasa, 24 Mei 2022
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Segera Diusulkan, Pekan Depan Dekab Boalemo Gelar Paripurna Pelantikan DAMAI

Oleh Berita Hargo , dalam Gorontalo , pada Rabu, 15 Maret 2017 | 11:37 Tag: , , , ,
  

BOALEMO Hargo.co.id – Tinggal menunggu hari. Pelantikan pasangan Bupati dan Wakil Bupati Boalemo terpilih Darwis Moridu-Anas Jusuf (DAMAI) akan dilaksanakan. Bila tak ada aral melintang, pekan depan Dekab Boalemo akan melaksanakan sidang paripurna terkait pengusulan pelantikan Darwis-Anas.

Rencana itu mengemuka seiring rapat pleno Komisi Pemilihan Umum (KPU) Boalemo penetapan pasangan calon bupati/wakil bupati Boalemo terpilih, Selasa (14/3). Selanjutnya keputusan penetapan tersebut telah diserahkan kepada Ketua Dekab Boalemo Oktohari Dalanggo.

Kepada Gorontalo Post (grup Hargo.co.id), Oktohari Dalanggo menegaskan, pihaknya akan mempercepat agenda sidang paripurna dalam rangka pengajuan rekomendasi hasil penetapan Darwis Moridu-Anas Jusuf kepada Menteri Dalam Negeri (Mendagri) melalui Gubernur Gorontalo.

“Kami akan segera mengadakan rapat internal untuk menetapkan jadwal paripurna istimewa. Rapat tersebut menetapkan rekomendasi kepada Mendagri melalui Gubernur Gorontalo sehingga ketetapan pelantikan atas SK Mendagri segera mungkin dipercepat,” ungkap Oktohari Dalanggo.

Kader Golkar ini menjelaskan, usul pelantikan melalui rekomendasi DPRD sudah menjadi keharusan yang diamanatkan oleh Undang-Undang. Hal itu menjadi sebuah syarat mutlak untuk mendapatkan SK pelantikan dari Mendagri. Mengingat tahapan Pilkada Boalemo tidak terdaftar dalam gugatan sengketa perselisihan hasil pemilih (PHP) di tingkat Mahkamah Konstitusi (MK).

“Jadi kalau tidak ada hambatan, paling singkat paripurna DPRD dijadwalkan pekan depan,” tambah pria akrab disapa Okto itu.

Menurut Okto, pihaknya telah mengadakan konsultasi dengan Pemprov Gorontalo. Hal itu semata-mata untuk mendukung tahap pelantikan bupati dan wakil bupati terpilih hasil Pilkada Boalemo 2017 sebagaimana menjadi harapan seluruh masyarakat Boalemo.

Sementara itu, Ketua KPU Boalemo Amir Dj. Koem menaruh apresiasi kepada Pemkab Boalemo, DPRD, sesama penyelenggara Pilkada bersama jajaran serta unsur Muspida dan seluruh komponen masyarakat Boalemo. Termasuk tim pemenangan dan pendukung pasangan calon perserta Pilkada yang sudah berpartisipasi penuh menyukseskan Pilkada Boalemo 2017. Salah satu kesuksesan yakni mampu memberikan persentase pemilih mencapai 83 persen.

“Ini menjadi satu kebanggaan kita semua. Pilkada Boalemo hampir bisa dipastikan berada pada posisi persentase tertinggi secara nasional dari segi partisipasi pemilih tahun ini. Dan itu tak lepas dari peran dan dukungan semua pihak,” ujarnya didampingi empat komisioner KPU Boalemo.(nrt/hargo)

(Visited 1 times, 1 visits today)

Komentar