Senin, 25 Mei 2020
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Sehari, Basarnas Lakukan Tiga Pencarian Orang Hilang di Laut

Oleh Mufakris Goma , dalam Metropolis , pada Minggu, 12 Januari 2020 Tag:
  


Hargo.co.id, GORONTALO – Dalam sehari, Basarnas Gorontalo melakukan pencarian korban yang hilang diperairan. Diantaranya, pencarian warga yang diduga tenggelam di Pantai Batu Buaya, Desa Tanjung Keramat, Kecamatan Mananggu, Kabupaten Boalemo, pencarian masyarakat yang terbawa ombak di Pantai Botutonuo, Kabupaten Bone Bolango dan kecelakaan kapal tenggelam di perairan Teluk Tomini, Kecamatan Wanggarasi, Kabupaten Pohuwato.

Informasi yang dirangkum Hargo.co.id, untuk kejadian di Pantai Batu Buaya, korban bernama Fandri Sawal (16). Korban pada saat itu sedang bersama rekan-rekannya, berwisata di pantai sekitar pukul 15.00 Wita. Ketika sedang mandi, Fandri Sawal diduga terbawa arus ke tengah laut dan tenggelam. Korban pun sempat mencoba untuk meminta pertolongan tapi seketika itu hilang dibawa arus. Sejumlah saksi yang melihat, berupaya untuk mencari korban namun tidak ditemukan, sehingga menghubungi pihak Basarnas Gorontalo.

Selain itu, sekitar pukul 17.00 Wita, seorang warga yang menjaga perahunya di Pantai Botutonuo, Kabupaten Bone Bolango turut hilang terbawa ombak. Beruntung korban yang bernama Tonex Kamba (68), warga Desa Botutonuo, menggunakan pelampung, sehingga dapat diselamatkan oleh Basarnas sekitar pukul 18.30 Wita dalam kondisi selamat.

Disisi lain, di perairan Teluk Tomini, Kecamatan Wanggarasi, Kabupaten Pohuwato, telah terjadi kecelakaan kapal nelayan yang sedang melaut sekitar pukul 15.00 Wita. Awalnya, enam orang nelayan tersebut sedang mencari ikan sekitar pukul 14.00 Wita, namun sekitar pukul 15.00 Wita, terjadi badai sehingga menghantam perahu para nelayan yang mengakibatkan perahu tersebut tenggelam. Enam orang nelayan yang diketahui bernama Aswin Madu, Wani Madu, Roy Abd, Ka Tumu, Ka Jabi dan Aten, mengamankan diri di rompon milik warga dan langsung berupaya menghubungi BPBD. Atas informasi itu, dari pihak BPBD, Iswan Gau, kemudian berkoordinasi dengan Basarnas Gorontalo untuk menolong enam orang warga Kecamatan Wanggarasi tersebut.

Kepala Basarnas Gorontalo, Djefri D.T Mewo membenarkan adanya tiga kasus pencarian warga yang terjadi dalam sehari yakni Minggu (12/01/2020). Dari tiga kasus tersebut, Alhamdulillah satu orang ditemukan selamat yakni korban atas nama Tenox Kamba (68) yang terbawa arus ombak di Pantai Botutonuo, Kabupaten Bone Bolango.

“Untuk kejadian di Pantai Batu Buaya dan di wilayah Kecamatan Wanggarasi, Kabupaten Pohuwato, masih sementara dalam proses pencarian. Semoga kami bisa menemukannya,” ungkapnya.

Sementara itu, Kapolres Boalemo, AKBP Ahmad Pardomuan,SIK,MH menyampaikan, satu orang warga yang terbawa arus ombak di Pantai Batu Buaya, Kecamatan Mananggu masih sementara dalam proses pencarian.

“Kami terus berkoordinasi dan melakukan pencarian terhadap korban. Kami pun menghimbau kepada masyarakat agar waspada dan berhati-hati saat mandi di pantai, karena kondisi cuaca saat ini,” harapnya. (kif/hg)

Mantap
Suka
Senang
Kaget
Sedih
Marah

Komentar