Selasa, 18 Januari 2022
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Sejumlah OPD Alami Penyesuaian Kegiatan 

Oleh Admin Hargo , dalam Legislatif , pada Kamis, 2 Desember 2021 | 02:05 AM Tag: ,
  Suasana pembahasan anggara TAPD dan Banggar bersama sejumlah OPD belum lama ini.

Hargo.co.id, GORONTALO – Dalam penetapan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) 2022 yang telah diketuk sehari sebelum HUT Kabupaten Gorontalo, sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) mengalami penyesuaian kegiatan. 

Pelapor Badan Anggaran (Banggar) Ali Polapa mengatakan, berbagai  masukan ini  telah diakomodir secara rasional melalui  penyesuaian  kegiatan  antar  program  pada  beberapa  OPD  dengan  tetap menjaga kualitas belanja,  serta  memastikan ketersediaan belanja pada masing-masing kegiatan dapat dilaksanakan secara efektif, efisien dan akuntabel.  

“Walaupun  demikian  tidak  bisa  dipungkiri  juga  masih banyak program dan kegiatan  prioritas yang belum tertampung pada Ranperda  APBD  Tahun Anggaran 2022 ini, semuanya itu karena keterbatasan sumber  dana dan anggaran yang tersedia,” ungkap Ali. 

Dijelaskan Ali, beberapa OPD yang  mengalami  penyesuaian  kegiatan  antar  program  ini, diantaranya  Dinas Pekerjaan Umum, dalam hal ini penyesuaian Jalan / Rabat Beton yang diubah menjadi Paving Ston Desa Bungalo Kecamatan Telaga Jaya, perubahan pekerjaan  Rabat Beton menjadi peningkatan jalan pesantren Yayasan Cahaya Madani di Kecamatan Tabongo, penataan Jalan Rabat Beton di Desa Bongomeme Kecamatan Tabongo yang  diubah menjadi Desa Upomela Kecamatan Bongomeme, penyesuaian anggaran Drainase di Desa Ilotidea, Pembangunan Sekretariat Yayasan Adhyaksa Gorontalo di Kecamatan Telaga Biru serta sambungan rumah untuk PDAM. 

Untuk Dinas Kesehatan perubahan peruntukan rekening anggaran yang terdapat pada setiap puskesmas  dari belanja pengadaan susu menjadi belanja  jasa kebersihan. Untuk Dinas Pendidikan dan Kebudayaan pengadaan susu yang dialihkan ke pengadaan genset Unbita. 

Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata perubahan Kegiatan PLTS Lapangan Desa Bongo Kecamatan Batudaa Pantai untuk kegiatan turnamen dan pengadaan matras. Dinas Sosial tambahan meubel Nirmala Desa  Bululi, tambahan bengkel Pres Ban Motor Desa  Bululi dan Desa Asparaga, penambahan Sub Kegiatan Pangkas Rambut yang anggarannya digeser dari sub kegiatan tenda Desa Luwoo dan Desa Ulapato dan pengadaan alat pangkas  rambut. 

Dinas Pertanian perubahan kegiatan  pengadaan pembibitan cengkeh  menjadi durian, pengalihan kegiatan pembibitan cengkeh ke Jalan Usaha Tani Desa Mootinelo Kecamatan Tabongo dan Jalan Usaha Tani  Desa  Mootinelo Kecamatan Tabongo. Sekretariat DPRD pergeseran anggaran  untuk  penambahan  anggaran kegiatan pada sub kegiatan legislasi dalam rangka pembentukan serta penyesuaian perubahan beberapa produk hukum daerah/ Perda yang terdampak Undang-undang Cipta Kerja yang merupakan prioritas nasional. 

”Disamping OPD tersebut terdapat juga beberapa OPD yang akan memaksimalkan  anggarannya untuk pelaksanaan kegiatannya, diantaranya BPM Pemdes dan Pemberdayaan Perempuan demikian pula kegiatan untuk Karang Taruna, KONI dan KNPI akan dimaksimalkan pada kegiatan OPD yang berkenaan,” jelas Ali Polapa. (***)

 

Penulis: Deice pomalingo

(Visited 14 times, 1 visits today)

Komentar