Kamis, 22 Oktober 2020
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Sekda Gorut Mengerucut Tiga Nama, Ini Orangnya 

Oleh Fajriansyach , dalam Gorontalo Kab. Gorontalo , pada Kamis, 8 November 2018 | 01:00 WITA Tag:
  


Hargo.co.id, GORONTALO – Proses seleksi calon Sekretaris Daerah (Sekda) Gorontalo Utara (Gorut) memasuki babak baru. Panitia Seleksi (Pansel) telah menyerahkan tiga nama hasil seleksi kepada Bupati Gorut Indra Yasin.

Tiga nama itu masing-masing Ridwan Yasin (kepala Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Gorontalo), Suleman Lakoro (Sekretaris DPRD Gorut) dan Husin Halidi (Kepala Badan Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Gorut). Tiga nama itu, berhasil menyisihkan tiga nama lainya, yakni Suprizal Yusuf, Nurhadi Rahim dan Abdul Wahab Paudi.

Ketua Panitia Seleksi (Pansel) Sekda Gorut, Prof Rauf Hatu mengatakan, seluruh tahapan seleksi calon Sekda telah dilaksakan. Hasil tiga nama tersebut, kata Rauf Hatu telah disampaikan ke Bupati Gorut Indra Yasin. Menurut Rauf Hatu, tiga nama itu direkomendasikan Pansel sesuai dengan rangking nilai yang mereka peroleh.

BACA  Pemerintah di Tingkat Kecamatan Ikut Sosialisasikan Protokol Kesehatan

“Nilainya memang tidak dipublikasikan. Hanya saja hasilnya seperti ini (tiga nama) dan murniberdasarkan perengkingan,”jelasnya. Tahapan seleksi yang dilaksanakan mulai dari seleksi administrasi hingga pada pembuatan makalah sampai pada rekam jejak calon Sekda.

“Hasil dari seluruh tahapan tersebut nilainya diakumulasi dan dirangking, dan sampai melahirkan 3 nama tersebut. Yang kami perlu tegaskan bahwa Timsel telah bekerja sesuai dengan koridor serta aturan dan ketentuan yang berlaku”ucapnya.

BACA  Gorontalo Masuk Lima Provinsi Tertinggi Kesembuhan Pasien Covid-19

Soal siapa yanh nantinya mendapatkan rekomendasi untuk menjabat Sekda Kabupaten Gorut, Rauf menegaskan, bukan lagi kewenangan Pansel. “Tiga nama itu, nantinya bupati yang akan menyampaikan ke Gubernur untuk selanjutnya direkomendasikan ke Kementerian Dalam Negeri,” jelasnya.

“Kami berharap bulan November ini sudah ada Sekda definitif,”tandasnya. Jika melihat ketiga calon, semuanya cukyp berpengalaman. Ridwan Yasin, sebelum berkiprah di Pemprov Gorontalo ia pernah menjabat Kepala Bagian Hukum Setda Gorontalo Utara, yang kemudian diberi kepercayaan sebagai Kepala Biro Hukum Pemprov.

BACA  Tiga Daerah Ini Diminta Segera Cairkan JPS Tahap III

Saat ini, Ridwan ditugasi Gubernur Rusli Habibie menangani kepegawaian Pemprov Gorontalo. Begitu pun dengan Suleman Lakoro, ia banyak pengalaman dalam birokrasi, baik saat bertugas di Kabupaten Boalemo dan kini di Gorut.

Tak kalah hebat juga Husin Halidi, ia saat ini menjabat kepala badan pengelola keuangan dan aset daerah, salah satu organisasi perangkat daerah strategis disetiap pemerintah daerah. (abk/gp/hg)


Komentar