Senin, 5 April 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Sekdaprov Gorontalo Apresiasi Kinerja OPD yang Lampaui Target

Oleh Zulkifli Polimengo , dalam Gorontalo , pada Kamis, 25 Maret 2021 | 00:05 WITA Tag:
  Suasana rapat pimpinan evaluasi penyerapan APBD Tahun Anggaran 2021 yang dipimpin Sekretaris Daerah Provinsi Gorontalo Darda Daraba, di Ruang Dulohupa Gubernuran Gorontalo, Selasa (23/03/2021). (Foto: Istimewa)


Hargo.co.id, GORONTALO – Kinerja Organisasi Pimpinan Daerah (OPD) terkait belanja fisik dinilai telah mencapai bahkan melampaui target. Hal tersebut langsung mendapatkan apresiasi penuh dari Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Gorontalo, Darda Daraba.

“Antara target dan realisasi yang kita capai ini menunjukkan kemajuan yang luar biasa. Itu terbukti dari target tahun lalu di bulan Februari yang cuma 7,8 persen, dan tahun ini 10,37 persen. Kemudian realisasinya sudah kelihatan yang lalu kita dapat 10 persen, tahun ini juga kita dapat 10 persen,”ujar Darda Daraba saat memimpin rapat pimpinan evaluasi penyerapan APBD Tahun Anggaran 2021 di Ruangan Dulohupa Gubernuran Gorontalo, Selasa (23/03/2021).

BACA  Gorontalo Masuk 10 Besar Nominasi PPD, Ini Harapan Sekdaprov

Sekdaprov menerangkan, untuk realisasi keuangan, Biro Pengendalian Pembangunan dan Ekonomi (P2E) Setda Provinsi Gorontalo mencatat di angka 7,55 persen dari target sebesar 9,29 persen. Dari angka tersebut, Sekdaprov menilai ada kehatihatian dari setiap OPD yang berpengaruh pada backup data yang kurang cepat.

“Tapi ini sudah menandakan ada plan yang bagus, karena tahun lalu targetnya itu cuma empat sekian persen dan sekarang ada peningkatan menjadi tujuh persen,”terang Darda Daraba.

BACA  Pelatihan PBJP Penting Untuk Pejabat Administrator

Atas capaian tersebut Panglima ASN itu berpesan kepada OPD untuk saling mengingatkan dari atasan hingga dengan staf, bahwa ada program dan kegiatan yang harus dikerjakan untuk mencapai target. Ia menyarankan untuk tetap mencari inovasi agar realisasi fisik dan keuangan bisa berjalan Bersama.

“OPD ini juga sudah luar biasa, kalau dulu saya harus mengingatkan realisasinya bagaimana, tapi sekarang sudah jarang, karena setiap OPD sudah tahu apa yang harus dikerjakan. Ini artinya teman – teman sudah care terhadap program dan kegiatan di OPD masing – masing,”pesan Sekdaprov.

BACA  Gorontalo Tenis Cup 2021 Diharapkan Melahirkan Atlet Muda Berprestasi

Berdasarkan data Biro P2E dari 33 OPD Pemprov Gorontalo, ada 19 OPD di antaranya telah melampaui target fisik dan keuangan hingga bulan Februari 2021. Sementara itu ada empat OPD telah mencapai realisasi fisik namun realisasi keuangan masih rendah, serta 10 OPD yang realisasi fisik dan keuangan masih di bawah target.(zul/adv/hargo)


Komentar