Kepala Dinas Pendidikan Gorontalo Utara, Irwan A. Usman

Sekolah Penggerak Bakal Diterapkan, Guru Dituntut untuk Berinovasi 

Kab. Gorontalo Utara

Hargo.co.id, GORONTALO – Saat ini, seorang guru dituntut untuk mampu berinovasi dan selalu meningkatkan kualitas sebagai seorang pendidik. Pasalnya untuk saat ini dunia pendidikan sedang mengembangkan yang namanya Sekolah Penggerak menuju digitalisasi pendidikan, membutuhkan guru yang mampu mengembangkan dunia pendidikan melalui berbagai inovasi.

Ini ditegaskan Kepala Dinas Pendidikan Gorontalo Utara (Gorut), Irwan A. Usman saat ditemui di ruang kerjanya beberapa hari lalu oleh media ini. Irwan A. Usman menjelaskan bahwa mulai pekan ini pihaknya telah mensosialisasikan Sekolah Penggerak. 

banner 728x485

“Kita sudah mulai sosialisasi untuk Sekolah Penggerak. Maklum, pada program ini guru tak hanya dituntut memiliki kualitas, namun juga seorang pendidik yang mampu mengembangkan dunia pendidikan melalui berbagai inovasi,” katanya.

Lanjut katanya, Sekolah Penggerak tersebut membutuhkan kepala sekolah yang kompatibel dan mampu menyesuaikan dengan paradigma yang berkembang saat ini. 

“Siapa saja berkesempatan untuk menjadi kepala sekolah untuk Sekolah Penggerak ini, baik itu untuk guru yang statusnya Aparatur Sipil Negara (ASN) maupun guru yang statusnya Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK),” jelasnya.

Ada beberapa hal yang menjadi perhatian akan program tersebut, dan yang pertama yakni terkait dengan digitalisasi yang saat ini tentu tidak bisa dipungkiri bahwa itu tidak bisa dihindari. 

“Kemudian terhadap paradigma pendidikan yang berkembang saat ini, tentu harus ada penyesuaian yang dilakukan. Tentu terhadap pendidikan yang berbasis data. Sehingga sebagai seorang guru, diharuskan untuk dapat menyesuaikan dengan perkembangan ini, dan untuk Gorontalo Utara itu akan segera diterapkan,” kuncinya. (***)

 

Penulis: Alosius M. Budiman

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *