Jumat, 26 Februari 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Sekretariat BKSU Berada di Gorontalo Utara

Oleh Alosius M. Budiman , dalam Kab. Gorontalo Utara , pada Jumat, 29 Januari 2021 | 16:05 WITA Tag: ,
  Rapat BKSU di Ruang Tineno, Kantor Bupati Gorontalo Utara, Kamis (28/01/2021). (Foto Istimewa)


Hargo.co.id, GORONTALO – Kabupaten Gorontalo Utara (Gorut) dipercayakan menjadi lokasi sekertariat Badan Kerjasama Utara-Utara (BKSU).  Ini ditetapkan melalui rapat yang dilaksanakan di ruang rapat Tinepo Kantor Bupati Gorontalo Utara pada Kamis (28/01/2020).

Hadir pada rapat tersebut dari Kabupaten Buol, Sulawesi Tengah (Sulteng), Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) Sulawesi Utara (Sulut), Kabupaten Bone Bolango dan Kabupaten Gorontalo, Provinsi Gorontalo.

Ditemui usai pelaksanaan rapat tersebut, Bupati Gorontalo Utara, Indra Yasin mengatakan bahwa untuk kali ini, Gorut mendapatkan giliran sebagai tuan rumah dalam pelaksanaan rapat perdana dalam rangka membahas program dan juga termasuk sekertariat bersama BKSU.

BACA  Terkait Perda Retribusi, Bupati Berharap Dapat Tingkatkan PAD

“Dan sesuai dengan hasil rapat tadi, semua menyatakan setuju terhadap lokasi sekretariat bersama nanti berada di Gorut,” ungkapnya.

Ada banyak pertimbangan kata bupati terkait penetapan lokasi sekretariat tersebut dan yang paling utama yakni pertimbangan soal tata letak yang menurut penilaian, Kabupaten Gorut letaknya sangat strategis.

“Lokasi Kabupaten Gorut itu berada di tengah diapit oleh Kabupaten Bolmut dari Sulawesi Utara dan Kabupaten Buol dari Sulawesi Tengah dan Kabupaten Bone Bolango” jelas Indra Yasin.

BACA  Indra Yasin Minta Petani dan Nelayan Tercover BPJS Ketenagakerjaan

Selain membicarakan soal lokasi sekretariat, juga dalam rapat tersebut juga, kata Indra Yasin, turut dibicarakan juga soal program BKSU yakni terkait dengan 3 (tiga) program unggulan yakni terkait dengan pariwisata, peternakan dan perikanan.

“Untuk pembahasan 3 program unggulan tersebut akan dibahas terpisah di tiga daerah. Untuk peternakan akan dibahas di Kabupaten Buol, kemudian untuk perikanan akan dibahas di Kabupaten Bolmut dan untuk program pariwisata itu akan dibahas di Kabupaten Bone Bolango,” tegasnya.

BACA  Rusunawa Ombulodata Segera Dimanfaatkan 

Nantinya hasil pembahasan tersebut akan diplenokan kata bupati, namun demikian masih diberikan kesempatan selama satu bulan untuk melakukan kajian.

“Dan untuk Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) itu pembahasannya diserahkan kepada pihak Universitas Negeri Gorontalo (UNG). Dan diharapkan dari program BKSU ini dapat memberikan manfaat bagi masyarakat,” tandasnya. (abk/adv/hg)


Komentar