Selasa, 15 Juni 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Selain Golkar, Partai Ini Belum Tentukan Arah di Pilwako

Oleh Berita Hargo , dalam Gorontalo , pada Jumat, 19 Mei 2017 | 20:00 WITA Tag: , ,
  


GORONTALO, hargo.co.id – Partai Politik non Golkar mengaku belum melakukan pembicaraan menyangkut koalisi besar maupun langkah ke Pemilihan Walikota-Wakil Walikota (pilwako). Yang jelas, mereka punya sosok dan figur yang nantinya di dorong maju di Pilwako

Partai Hanura misalnya, Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Hanura Kota Gorontalo, Tien S. Mobiliu mengatakan, partai Hanura belum pernah melakukan pembicaraan menyangkut koalisi besar.

“Kalau kita di Hanura tidak pernah membicarakan koalisi gemuk,” kata Tien.

Srikandi Andalas (sebutan DPRD Kota Gorontalo.red) ini menambahkan, Hanura masih mempersiapkan tim desk Pilkada. Setelah itu pihaknya akan membuka pendaftaran penjaringan calon walikota-wakil walikota .

BACA  Wagub Gorontalo Usulkan 5.000 Peserta Program DTS

“Kita masih mempersiapkan tim desk Pilkada dulu, baru membuka pendaftaran,” jelas Tien.

Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrat Kota Gorontalo, Erman Latjengke juga menyampaikan, Partai Demokrat sendiri baru menetapkan lima bakal calon walikota dan lima bakal calon wakil walikota yang telah mendaftar di penjaringan partai Demokrat. Pihaknya belum pernah membicarakan koalisi besar.

BACA  Putusan Perkara GORR Inkrah, Karo Hukum: Tak Ada Kerugian Negara

“Kalau koalisi gemuk itu tidak ada pembicaraan, kita hanya berkomunikasi antar satu-satu Parpol saja,” kata Erman.

Hal senada juga disampikan oleh, ketua DPC PDI-P Ariston Tilameo. Dia mengaku belum ada ada pembicaraan soal koalisi besar.

“Tidak ada pembicaraan koalisi gemuk. Kita setiap parpol melakukan komunikasi rutin saja,” pungkasnya.

Sebagaimana diketahui, wacana koalisi besar mulai menggelinding seiring langkah parpol dan figur calon yang mulai intens melakukan lobi-lobi koalisi pada saat ini.

Salah seorang pemerhati politik Mikson Yapanto mengisyaratkan, potensi terbentuknya koalisi besar di pilwako sangat besar.

BACA  Ini Alasan Gaji 13 Empat Daerah di Gorontalo Ditunda

Pasalnya dari informasi yang ia peroleh sejumlah parpol yang menjadi lawan politik Golkar saat Pilgub, sempat melakukan pertemuan di Jakarta membicarakan koalisi itu. Koalisi besar ini merupakan perpaduan dua koalisi di pilgub yaitu koalisi PDIP, PPP, Gerindra dan PKB yang mengusung pasangan Cagub-Cawagub Hana Hasanah-Toni Junus (HATI) dan Koalisi PAN, PKS dan Hanura yang mengusung pasangan cagub-cawagub Zainudin Hasan-Adhan Dambea (ZIHAD). (rmb/wan/hargo)


Komentar