Senin, 23 Maret 2020
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Selalu Buat LPJ ke Masyarakat, Elnino Raih Penghargaan Inspiring Journey

Oleh Berita Hargo , dalam Headline Senayan , pada Rabu, 18 Maret 2020 Tag:
  Anggota DPR-RI dari Dapil Gorontalo, Elnino M Husein Mohi meraih penghargaan Inspiring Journey dari teropong parlemen award 2020, di Jakarta. Selasa (17/03/2020). (foto istimewa)

Hargo.co.id, GORONTALO – Satu kebanggan bagi masyarakat Provinsi Gorontalo, yang mana salah satu wakil rakyat dari Dapil Provinsi Gorontalo yaitu Elnino M. Husein Mohi mendapatkan pengharagaan sebagai Inspiring Journey dari teropong parlemen award 2020, di Jakarta.

Dalam kategori Inspiring Journey tersebut Elnino urutan pertama, disusul oleh Jimly Asshidiqie (Anggota DPD), Singgih Januarmoko (Fraksi Golkar), Ahmad Basarah (Fraksi PDIP) dan Mukhtarudin (Fraksi Golkar).
Dilansir dari terpong senayan.com,

Elnino tiga kali terpilih ke Senayan (2009, 2014, 2019) tanpa melakukan money politik, ongkos kampanye yang teramat kecil, bahkan tanpa mencetak banyak baliho kampanye. Di Pemilu terakhir, dia bahkan hampir tidak berkampanye sama sekali.

Ketika pertama kali melenggang ke Senayan, Elnino masuk DPD RI dengan hanya sekali kampanye pada tanggal 31 Maret 2009. Kelebihannya adalah memiliki ribuan sahabat dekat yang tersebar di desa-desa.

Mengalahkan belasan tokoh elit di daerah pemilihannya itu dengan sokongan rakyat yang mengejutkan, Elnino duduk di Senayan dengan prinsip ‘tahu diri’. Elnino secara rutin membuat buku Laporan Pertanggungjawaban kinerjanya yang diantarkan kepada puluhan ribu konstituennya, by name by address.

LPJ itu menjawab pertanyaan tentang apa yang sudah dilakukan, apa yang berhasil, juga mengakui kegagalan-kegagalan yang dialaminya selama jadi senator. Di Pemilu berikutnya, 2014, Elnino bergabung dengan Partai Gerindra dan kembali mengejutkan publik Gorontalo ketika dia menyabet satu dari tiga kursi DPR RI yang tersedia dari Provinsi Gorontalo.

Dia kembali mencetak buku LPJ untuk diedarkan kepada rakyat, supaya rakyat tahu persis apa kerja dan prestasi wakilnya di DPR RI. Elnino ingin transparan kepada rakyatnya agar praktik demokrasi benar-benar sehat antara dia dan konstituennya.

Di Pemilu 2019, Elnino sempat diragukan akan bertahan ke Senayan, baik oleh elit-elit di Jakarta maupun para elit lokal di Gorontalo. Masih dengan gayanya yang sama Elnino tetap berhasil mempertahakan. Apa rahasia Elnino dalam perjalanan politiknya yang menggentarkan itu?

“Menyerah saja sama Allah SWT. Takdir-takdir sudah Allah tentukan jauh sebelum kita berusaha. Kita ikuti saja tajdir-takdir itu, lalu melakukan usaha sebaik mungkin,” jawabnya.

Gaya Elnino tidak meledak-ledak, tapi cara dia menyindir para menteri sangat halus, berbasis data, tajam dan mengiris, tanpa membuat orang yang dikritiknya tersinggung.

Begitulah kalau wartawan yang jadi anggota DPR kayaknya ya? Selamat bang Elnino atas penghargaan Parlemen Awards 2020 kategori ‘Inspiring Journey’. Semoga sukses selalu.

Dilansir dari sindonews.com, beberapa Aleg menerima penghargaan, Katagori Star Of Parlemen diraih oleh Jazuli Juwaini (Fraksi PKS), Herman Khaeron (Fraksi Demokrat). Katagori Making News Person diraih oleh, Irwan (Fraksi Demokrat), Ahmad Sahroni (Fraksi Nasdem) Dede Yusuf Effendi (Fraksi Demokrat), Bambang Patijaya (Fraksi Golkar), Edhie Baskoro Yudhoyono (Fraksi Demokrat) dan Mardani Ali Sera (Fraksi PKS).

Katagori Tokoh Peduli Daerah diraih oleh, Mohamad Haikal (Fraksi Gerindra), Yorrys Raweyai Anggota (DPD RI), Heri Gunawan Fraksi Gerindra, Emanuel Melkiades Laka Lena Fraksi Golkar, dan Anwar Hafid Fraksi Demokrat. Katagori Fraksi Teraspiratif diraih oleh Fraksi PKS dan Fraksi Golkar, Katagori Inspiring Women diraih oleh Ketua DPR Puan Maharani dan Katagori Parlemen Of The Year Ketua MPR Bambang Soesatyo. (wan/allan/hg)