Selama Dua Pekan, Mahasiswa Unismuh Luwuk Jadi Wartawan di Gorontalo

Foto bersama peserta KKP Unismuh Luwuk, Sulteng sebelum meninggalkan Graha Pena Gorontalo, Rabu (04/12/2019) untuk kembali ke kampus. (Foto Hargo.co.id)

-

Hargo.co.id, GORONTALO – Guna melengkapi proses belajar mengajar di bangku kuliah, sebanyak 10 mahasiswa Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Luwuk, Sulawesi Tengah (Sulteng) jalani Kuliah Kerja Profesi (KKP) di Gorontalo Post. Selama itu pula, mahasiswa dari Program Study Ilmu Komunikasi ini, jalani profesi sebagai wartawan di Gorontalo.

Informasi yang berhasil dihimpun, KKP ini berlangsung sejak 18 November 2019 dan berakhir pada 4 Desember 2019. Berakhirnya aktivitas mereka yang ditandai dengan penarikan oleh Ketua Program Study Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Luwuk, Suanti Tunggala,S.Sos, M.I.Kom yang juga selaku dosen pembimbing lapangan.

Selama dua pekan itu, 10 mahasiswa ini melakukan proses peliputan dan pembuatan berita. Wilayah liputannya tersebar di Kota Gorontalo dan Kabupaten Bone Bolango. Mereka bukan hanya belajar menulis dengan gaya penulisan media cetak, juga membuat berita dengan gaya penulisan media online.

Sebelum mereka meninggalkan Graha pena Gorontalo untuk kembali ke kampus, satu persatu diminta menyampaikan kesan dan pesannya selama menjadi wartawan. Salah seorang peserta KKP, Alalik Nur Afifilah mengungkapkan, KKP merupakan wadah untuk mendapatkan pengalaman langsung menjadi seorang wartawan.

Didampingi dosen pembimbing lapangan, para peserta KKP Unismuh Luwuk, saat pertama berkunjung ke Graha Pena Gorontalo 18 November 2019 lalu.

“Dalam KKP ini, saya bisa belajar tentang banyak hal. Selain itu, juga bisa dapat pengalaman baru jadi seorang wartawan sungguhan,” ungkap Alalik Nur Afifilah.

Senada disampaikan Iswan Syahrir, juga peserta KKP. Dirinya mengakui telah mendapat sesuatu yang baru saat liputan. “Apalagi saat turun langsung meliput kebakaran. Bagi saya itu sangat luar biasa. Saya banyak mendapat ilmu baru dan kesan yang sangat luar biasa,” ujarnya.

Sementara itu, Suanti Tunggala menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada pihak Gorontalo Post (Hargo.co.id Grup) atas bimbingan yang diberikan oleh crew redaksi selama magang berlangsung.

“Saya secara pribadi mengucapkan terima kasih kepada pihak media, karena telah membimbing dan memberikan ilmu serta pengalaman kepada mahasiswa kami. Juga, permohonan maaf sebesar-besarnya jika ada salah dari mahasiswa kami,” katanya.

Pemred Gorontalo Post, Jitro Paputungan menyampaikan maaf jika ada yang kurang selama dua pekan di Gorontalo. Dirinya juga menyampaikan terima kasih kepada pihak Unismuh Luwuk yang memilih Gorontalo Post sebagai tempat magang.

“Ini merupakan kepercayaan yang tak bisa disia-siakan. Di sini kita sama-sama belajar. Semoga tahun-tahun mendatang, kerjasama ini bisa berlanjut,” kuncinya. (magang/ridha/hg)

Salah seorang peserta KKP, Ajeng Sri Utami saat wawancara dengan Direktur Lalu Lintas Polda Gorontalo, Kombes Pol. M. Pratama Adhyasastra,SH,SIK,MH. (Foto Zulkifli Tampolo/Hargo.co.id)
Pemred Gorontalo Post, Jitro Paputungan mewakili perusahaan saat penarikan mahasiswa KKP Unismuh Luwuk. (Foto Ridha untuk Hargo)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *