Kamis, 21 Oktober 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



SELAMAT! Pasangan NKRI Menangkan Sidang MK

Oleh Berita Hargo , dalam Features Gorontalo Headline , pada Rabu, 5 April 2017 | 11:34 AM Tag: , , ,
  

JAKARTA, hargo.co.id – Pertarungan pemilihan gubernur dan wakil gubernur (Pilgub) Gorontalo berakhir di Mahkamah Konstitusi (MK), Selasa (4/4) kemarin.

MK resmi menolak gugatan perkara hasil pemilihan umum (PHPU) Pilgub Gorontalo yang dilayangkan pasangan Hana Hasanah Fadel – Tonny Yunus (HATI).

Dari sidang putusan MK, MK menolak gugatan pasangan HATI karena tidak memenuhi syarat pengajuan gugatan hasil Pilgub terkait ambang batas selisih suara pasangan calon.

[Baca: Catat Ya! Pasangan NKRI Bisa Dilantik di Bulan Mei]

Putusan MK itu dibacakan langsug oleh Ketua MK Arif Hidayat dalam persidangan kemarin yang berlangsung sekitar pukul 13.30 WIB di ruang sidang MK, Jakarta, Selasa (4/4).

Dalam persidangan itu, Arif Hidayat membacakan hasil sidang yang menegaskan kembali keputusan KPU Provinsi Gorontalo pada 17 Februari 2017 lalu, tentang penetapan pasangan Rusli Habibie-Idris Rahim sebagai pemenang Pilgub.

Hasil Pilgub Gorontalo sesuai perhitungan KPU menunjukkan perolehan suara pasangan HATI 25,86 persen (166.431 suara), pasangan Rusli Habibie-Idris Rahim (NKRI) 50,65 persen (326.033 suara) serta Zainudin Hasan-Adhan Dambea (ZIHAD) 23,49 persen (151.201 suara).

Dengan demikian selisih suara antara pasangan HATI yang menempati urutan kedua dengan pasangan NKRI sebagai peraih suara terbanyak mencapai 24,6 persen.

Menindaklanjuti putusan MK ini, KPU menurut Ahmad Abdulah akan segera melaksanakan rapat pleno penetapan pemenang Pilgub yang akan dilakukan paling lambat, Jumat (7/4) mendatang.

Setelah penetapan pasangan calon terpilih, KPU kemudian meneruskan ke DPRD Provinsi Gorontalo. Oleh DPRD putusan KPU itu akan diparipurnakan, dan dismapaikan ke Kemendagri untuk surat keputusan dan rencana pelantikan. (jdm/hargo)

(Visited 3 times, 1 visits today)

Komentar