Kamis, 13 Mei 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



SELAMAT, Siang Ini Bupati Boalemo Darwis-Anas Dilantik

Oleh Berita Hargo , dalam Gorontalo Headline , pada Senin, 22 Mei 2017 | 12:40 WITA Tag: , ,
  


TILAMUTA, hargo.co.id – Langkah pasangan Darwis Moridu-Anas Jusuf (DAMAI) menuju tahta pemerintahan di Kabupaten Boalemo akan mencapai puncaknya pada Senin (22/5) hari ini.

Setelah berhasil memenangkan hati rakyat saat pemilihan Bupati-Wakil Bupati (Pilbup) Boalemo dengan mendapatkan dukungan suara sebanyak 60,30 persen, pasangan yang maju lewat calon independen itu akan dilantik menjadi Bupati-Wakil Bupati Boalemo periode 2017-2022 oleh Gubernur Gorontalo Rusli Habibie di rumah dinas Gubernur hari ini.

Minggu (21/5)kemarin, Darwis Moridu dan Anas Jusuf telah mengikuti geladi bersih pelantikan di rumah dinas Gubernur.

BACA  Pembayaran Lahan Bendungan Bulango Ulu Segera Direalisasikan

Keduanya datang dengan didampingi oleh sejumlah pendukung DAMAI. Darwis Moridu datang menaiki mobil mewah Alphard seri terbaru berwarna putih, dengan nomor polisi DM 1 DM. Jalannya geladi pelantikan berjalan lancar. Keduanya terlihat santai menjalani geladi yang dipandu oleh protokoler Pemprov.

Perjalanan Darwis Moridu-Anas Jusuf (DAMAI) menuju kursi Bupati-Wakil Bupati Boalemo tak mudah. Pada awal tahapan pilkada hingga menjelang berakhirnya masa kampanye Pilbup, pasangan ini harus menghadapi kekuatan calon petahana yaitu Rum Pagau-Lahmudin Hambali (PAHAM) yang saat itu sangat diunggulkan.

BACA  Nelson Pomalingo Masuk Nominasi 100 Tokoh Peduli Lingkungan Versi Majalah Tempo

Rivalitas pasangan DAMAI dan PAHAM hingga bermuara ke meja hijau. Keduanya saling menggugat. PAHAM menggugat DAMAI terkait ijazah Darwis Moridu. Sementara DAMAI menggugat kebijakan mutasi di lingkup Pemkab Boalemo yang dilakukan pasangan PAHAM setelah tahapan penetapan pasangan calon.

Gugatan keduanya sampai berujung ke Mahkamah Agung (MA). Namun akhirnya MA menolak gugatan PAHAM dan mengabulkan gugatan DAMAI.

Hasil putusan MA mengabulkan gugatan DAMAI yang memprotes kebijakan mutasi pejabat yang dilakukan oleh pasangan PAHAM , kemudian menjadi salah satu dasar KPU mencoret pencalonan PAHAM dari Pilbup Boalemo.

BACA  Pasar Murah Pemprov Gorontalo Dinilai Membantu Kebutuhan Masyarakat

Setelah PAHAM dicoret dari Pilbup Boalemo, rintangan yang dihadapi pasangan DAMAI belum usai. Pasangan ini harus bersaing dengan satu kontestan lain yang juga maju dari calon perseorangan yaitu Uwes Abubakar-Buyung Puluhulawa (UNGGUL). Adu visi misi dan program kerja antara dua kandidat itu berlangsung hingga tahapan kampanye usai.

Setelah dilantik oleh Gubernur Rusli Habibie pada hari ini, saatnya masyarakat Boalemo menanti realisasi janji-janji politik dari pasangan DAMAI. (nrt/hargo)


Komentar