Sabtu, 16 Januari 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Seleksi Calon Anggota KPU Provinsi, 17 Komisioner Aktif Ikut Bersaing

Oleh Fajriansyach , dalam Gorontalo Headline , pada Kamis, 22 Februari 2018 | 11:57 WITA Tag: ,
  


GORONTALO, Hargo.co.id – Animo masyarakat Gorontalo untuk menjadi penyelenggara pemilu masih cukup tinggi. Itu dibuktikan dengan jumlah pendaftar seleksi calon anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Gorontalo. Pada penutupan pendaftaran tadi malam, Kamis (22/2) pukul 00.00 Wita, jumlah pendaftar tercatat sebanyak 53 orang.

Menariknya, dari jumlah pendaftar tersebut ada 17 orang yang tercatat sebagai komisioner aktif pada lembaga penyelenggara. Baik di KPU Provinsi dan kabupaten/kota maupun di Bawaslu/Panwaslu kabupaten/kota. Di samping itu ada pula mantan penyelenggara yang ikut bersaing dalam pencalonan anggota KPU Provinsi Gorontalo.

BACA  Terapkan Protokol Kesehatan, Tim Gabungan Datangi Pasar Tradisional

Ketua Tim Seleksi (Timsel) Calon Anggota KPU Provinsi Gorontalo Kristina M. Udoki menjelaskan, merujuk pada Peraturan KPU 7 tahun 2018 menyebutkan jumlah pendaftar dibuka untuk 6 kali dari jumlah komisioner. Itu artinya sebanyak 30 orang.

“Alhamdulilah sampai dengan berakhirnya pendaftaran dini hari ini ada sebanyak 53 pendaftar,” kata perempuan yang akrab disapa Femmy Udoki itu.

Menurut Femmy Udoki, memang dalam ketentuan PKPU menyebutkan pendatar 60 orang. Hal itu berlaku apabila jumlah pendaftar melebihi dari 60 orang. “Ketika pendaftar lebih dari 60 orang, maka yang akan diambil hanya 60 orang. Tetapi bila kurang dari 60 orang maka acuannya adalah 30 orang,” ujar perempuan berjilbab itu.

BACA  Libur Panjang Kerap Picu Kenaikan Kasus Covid-19

Lebih lanjut Femmy Udoki mengemukakan, berkas pendaftaran dimasukkan oleh para pendaftar selanjutnya akan dilakukan verifikasi.

Tahapan tersebut berlangsung hingga 26 Februari 2018. Pada tahapan verifikasi, timsel akan melihat apakah dokumen yang disampaikan setiap pendaftar telah memenuhi syarat pencalonan sebagaimana yang telah ditetapkan dalam PKPU nomor 7 tahun 2018.

BACA  Vaksinasi Covid-19 Akan Menjadi Syarat Bepergian

“Misalnya, untuk PNS dalam berkas pendaftaran harus ada rekomendasi dari Pejabat Pembina Kepegawaian, yakni gubenur untuk tingkat provinsi dan bupati/wali kota untuk tingkat kabupaten/kota,” tutur alumni International Visitor Leadership Program (ILVP) USA 2015 itu.

Setelah tahap penelitian dan verifikasi berkas, timsel akan mengumumkan pendaftar yang memenuhi persyaratan pada 28 Februari-3 Maret 2018. Selanjutnya peserta yang dinyatakan lulus akan mengikuti tes tertulis. “Tes tertulis dilakukan berbasis komputer atau CAT,” tandas Femmy Udoki.(zt-07)


Komentar