Seleksi CPNS Ditunda Hingga 2020, Pendaftaran Tahun Ini

Ilustrasi

Hargo.co.id, JAKARTA– Masyarakat Gorontalo yang ingin melamar CPNS tahun ini nampaknya harus banyak bersabar. Pasalnya, meski pendaftaran CPNS 219 dibuka bulan depan, namun seleksinya ditunda tahun ini dan baru akan dilaksanakan pada 2020 nanti.

Seperti yang dilansir Gorontalo Post, Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) telah mengeluarkan jadwal rangkaian seleksi CPNS 2019. Pengumuman pendaftaran dikeluarkan setelah Presiden Joko Widodo dilantik. Sekaligus menunggu nomenklatur kementerian baru.

Berdasarkan jadwal yang ditetapkan, pendaftaran dibuka bulan depan. Kemudian, seleksi kompetensi dasar (SKD) digelar Februari tahun depan. Lalu, penetapan CPNS baru digelar April 2020. Meskipun pelaksanaan sampai 2020, statusnya tetap penerimaan CPNS baru 2019.

Sekretaris Kementerian PAN-RB Dwi Wahyu Atmaji menyampaikan, semula rekrutmen direncanakan selesai tahun ini juga. Tetapi, ternyata pengajuan formasi yang berbasis online perlu waktu tidak singkat.

“Sistem e-formasi membutuhkan waktu yang relatif lebih lama,” jelasnya kemarin (03/10/2019).

Dwi menyatakan telah berkirim surat kepada seluruh instansi terkait untuk persiapan pelaksanaan seleksi CPNS. Di antaranya instansi pusat dan daerah untuk menyiapkan gedung, komputer, sampai jaringannya sebagai pendukung pelaksanaan ujian berbasis komputer.

Dalam surat tersebut, Kementerian PAN-RB juga meminta instansi untuk memastikan ketersediaan anggaran karena CPNS 2019 berjalan hingga awal tahun depan. Pihaknya tak ingin rangkaian pelaksanaan CPNS 2019 terganggu karena anggaran 2020 belum tersedia.

Kepala Biro Humas Badan Kepegawaian Negara (BKN) Mochammad Ridwan mengatakan, panitia seleksi nasional akan mengevaluasi soal ujian. Dalam seleksi CPNS 2018, soal ujian dinilai terlalu susah untuk dijawab. ”Ada yang bilang soalnya soal dewa. Kami akan buat soalnya lebih membumi,” jelasnya. (gp/hg)

-