Selasa, 6 April 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Seleksi MTQ Tingkat UNG Resmi Dimulai, 150 Peserta Siap Berkompetisi

Oleh Tirta Gufrianto , dalam Edukasi , pada Jumat, 2 April 2021 | 12:05 WITA Tag:
  Universitas Negeri Gorontalo (UNG) adakan seleksi Musabaqah Tilawatil Qur'an. (Foto: Istimewah/Nurhilmi Hasan untuk Hargo)


Hargo.co.id, GORONTALO – Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) tingkat Universitas Negeri Gorontalo (UNG) resmi dimulai. Itu ditandai dengan pemukulan beduk secara bersamaan oleh Rektor Universitas Negeri Gorontalo Dr. Ir. Eduwart Wolok.,ST.,MT beserta jajarannya, yang digelar di Gedung Indoor Universitas Negeri Gorontalo, Minggu (01/04/2021).

Kegiatan keagamaan yang digelar dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat tersebut mengusung tema “Membangun Ukhuwah Islamiah melalui Al-Qur’an”. Itu memiliki tujuan untuk mendekatkan, mencintai, menghidupkan Al-Qur’an dikalangan mahasiswa, terutama dapat menyiapkan dan menyeleksi peserta terbaik ke tingkat nasional.

Sesuai jadwal yang disampaikan oleh pihak panitia pelaksana, Seleksi MTQ tingkat Universitas Negeri Gorontalo tersebut akan berlangsung selama tiga hari, yaitu mulai dari 1 hingga 3 April 2021.

BACA  Sebanyak 400 Mahasiswa UNG Diwisuda, Masih Gunakan Drive Thru
Kafilah 10 Fakultas Universitas Negeri Gorontalo (UNG) yang akan bertanding.

Dalam sambutannya Rektor UNG Eduwart Wolok mengungkapkan harapannya, kiranya kegiatan seperti ini tidak berhenti hanya pada adik-adik subtansi dan nafasnya, melainkan akan terus menyebar dikalangan civitas akademika UNG.

“Saya ikut berbahagia melihat aura semangat dari para peserta lomba yang dibuktikan lewat kostum yang dikenakan oleh masing-masing tim yang akan bertanding,” ungkap Eduwart Wolok.

BACA  Lewat MTQ UNG, 171 Peserta Siap Menjadi yang Terbaik

Pada kesempatan yang sama Ketua panitia pelaksana lomba Jafar Lantowa, S.Pd., MA dalam laporannya menyampaikan bahwa peserta kegiatan seleksi berasal dari berbagai fakultas di Univeristas Negeri Gorontalo.

“Adapun 15 cabang lomba yang diikuti oleh 150 peserta yakni Tilawatil Quran, Tartil Qur’an, Qira’at Sab’ah, Hafdzil Quran 5 juz, Hafdzil Quran 10 juz, Hafdzil Qur’an 20 juz, Hafdzil Qur’an 30 juz,Khattil Qur’an, Fahmil Quran, Syarhil Qur’an,Karya Tulis Imiah Kandungan Al-Qur’an, Debat Ilmiah Kandungan Qur’an dalam Bahasa Arab, Debat Ilmiah Kandungan Qur’an dalam Bahasa Inggris, Desain Aplikasi Komputer Al-Qur’an dan Pembacaan Kitab Maulid Nabi Muhammad SAW,” jelas Jafar Lantowa, S.Pd., MA.

BACA  Bulan Sastra HMJ UNG 2021 Dilakukan Daring

Ia menambahkan, seleksi Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) yang merupakan pelecut semangat menjadi lebih baik, maka diharapkan akan muncul Qori dan Qoriah terbaik.

“Semoga dengan kegiatan ini akan tersaring peserta terbaik dari 10 fakultas, melalui seleksi yang ketat sehingga bisa memilih mereka yang akan diutus ke tingkat nasional,” tambah Jafar Lantowa.

Sementara itu, Umar Kasim, selaku mahasiswa yang ikut serta dalam lomba tersebut mengatakan bahwa ia ikut senang karena kegiatan ini terlaksana, namun disisi lain juga merasa tegang karena akan ikut bertanding.(hilmi/ung/hargo)


Komentar