Sembilan Jam Mantan Ketua DPRD Gorontalo Diperiksa di Mapolda

Mantan Ketua DPRD Provinsi Gorontalo, Rustam Akili sesaat setelah tiba di Mapolda Gorontalo guna dilakukan pemeriksaan.

Hargo.co.id, GORONTALO – Kurang lebih Sembilan jam lamanya, mantan Ketua DPRD Provinsi Gorontalo, Rustam Akili diperiksa oleh penyidik Subdit II, Direktorat Kriminal Umum (Dit Krimmum). Pemeriksaan tersebut terkait dengan laporan Gubernur Gorontalo Rusli Habibie, terkait dugaan tindak pidana penipuan dan penggelapan.

Pantauan Hargo.co.id, Rustam Akili mendatangi Polda Gorontalo dengan menggunakan kemeja putih dan didampingi oleh beberapa kuasa hukumnya. Rustam Akili sendiri diperiksa oleh Panit Subdit II, Dit Reskrimmum, AKP Handy Senonugroho, SH, SIK dan Ipda Nirwan Damopolii,SH.

Pemeriksaan pun dilakukan tertutup. Dalam pemeriksaan itu, ada kurang lebih 13 pertanyaan yang diajukan oleh penyidik. Bahkan Rustam Akili pun menjelaskan secara mendetail persoalan proses tindak pidana penipuan dan penggelapan yang disangkakan kepadanya. Pemeriksaan Polda Gorontalo itu sendiri baru sekedar klarifikasi kepada terlapor, yang berlangsung sejak pukul 09.00 Wita hingga pukul 18.00 Wita.

Kapolda Gorontalo, Brigjen Pol. Drs. Rachmad Fudail,MH melalui Kabid Humas AKBP Wahyu Tri Cahyono,SIK, menjelaskan, terhadap laporan Gubernur Gorontalo Rusli Habibie beberapa waktu lalu, sudah ditindaklanjuti dengan proses penyelidikan dan hingga saat ini sudah ada tujuh orang termasuk didalamnya pelapor maupun terlapor, telah dilakukan pemeriksaan.

“Pemeriksaan tersebut yakni diambil keterangan untuk klarifikasi atas laporan kuasa hukum Rusli Habibie beberapa waktu lalu, untuk didalami. Apakah kasus tersebut terpenuhi unsur pidana atau tidak, guna dilakukannya proses penyidikan,” ungkapnya.

-