Senin, 29 November 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Sembilan Legislator Minta Tunda Pencairan Dana PEN, Ini Langkah Syam T. Ase

Oleh Admin Hargo , dalam Legislatif , pada Jumat, 15 Oktober 2021 | 14:05 PM Tag: , , , ,
  Ketua DPRD Kabupaten Gorontalo, Syam T. Ase

Hargo.co.id, GORONTALO – Sebanyak sembilan legislator dari beberapa fraksi di DPRD Kabupaten Gorontalo meminta agar pihak PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI) menunda pencairan dana Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN). Itu lantas menuai reaksi Ketua DPRD Kabupaten Gorontalo, Syam T. Ase dan melakukan klarifikasi. 

Informasi yang berhasil dihimpun, Syam T. Ase rapat klarifikasi penundaan pencairan Dana PEN Kabupaten Gorontalo, Kamis (14/10/2021) sevara virtual. Syam T Ase yang ditemui di ruang kerjanya mengakui jika sebelumnya memang berdasarkan nomor surat 170/DPRD/753/tertanggal 17 September 2021 dan ditandatangani oleh Wakil Ketua DPRD Roman Nasaru sempat melayangkan surat ke PT SMI agar melakukan penundaan pencairan sisa dana PEN. 

“Memang surat yang dilayangkan oleh 9 anggota DPRD secara kelembagaan belum sempat diproses, karena saat itu kita fokus dalam pembahasan APBD Perubahan 2021. Sehingga belum sempat dibahas secara lebih rinci terkait apa yang diusulkan oleh kurang lebih 9 orang anggota DPRD,” ungkap Syam T. Ase.

Dikatakan Syam T. Ase, secara konstitusi dan ketentuan anggota DPRD punya hak mengajukan surat ke pimpinan lembaga untuk dibahas di tingkat lembaga. Tetapi karena belum sempat dibahas secara konstitusi di poin yang disebutkan dimana mereka meminta untuk hal ini di paripurnakan. 

“Artinya usulan teman-teman untuk dibahas di tingkatan lembaga DPRD dan terkait dengan tanda tangan dari wakil ketua DPRD coba dilihat di point tersebut. Beliau hanya meminta agar ini ditunda sementara sambil menunggu proses paripurna yang akan berlangsung di DPRD dan dengan lahirnya paripurna APBD Perubahan secara otomatis surat yang diusulkan oleh teman-teman yang ditandatangani oleh Wakil Ketua itu gugur,” jelas Syam T. Ase.  

Lalu apa langkah selanjutnya? Syam T. Ase tetap akan kembali menyurati PT. SMI untuk meminta agar secepatnya melanjutkan pencairan dana PEN Kabupaten Gorontalo. 

“Surat ini tertanggal 12 Oktober dan itu saya tanda tangani sebagai Ketua DPRD Kabupaten Gorontalo,” kuncinya. (***)

 

Penulis : Deice Pomalingo

(Visited 48 times, 1 visits today)

Komentar