Sabtu, 2 Juli 2022
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Sembilan Legislator Pindah Parpol, Ini Orangnya

Oleh Berita Hargo , dalam Headline Kabar Politik , pada Selasa, 14 Agustus 2018 | 03:00 Tag: ,
  

Hargo.co.id, GORONTALO – Fenomena pindah partai kerap mewarnai hajatan Pemilihan Legislatif (pileg). Tak terkecuali pada Pileg 2019. Selain kalangan politisi yang mencoba peruntungan, langkah serupa juga dilakukan oleh para incumbent alias anggota legislatif (aleg) yang sedang duduk.

Alasan yang dikemukakan beragam. Merasa sudah tidak sevisi dengan partai sebelumnya, kepentingan tak diakomodir dan masih banyak alasan lain. Di Pileg 2019,fenomena ini kembali terlihat.

Meski konsekuensi yang akan dihadapi adalah pemberhentian, para aleg yang mengambil risiko itu bukan hanya satu atau dua orang. Informasi yang dirangkum Gorontalo Post, sesuai daftar bakal caleg (bacaleg) sementara yang telah diumumkan Komisi Pemilihan Umum (KPU), tercatat ada sembilan aleg yang memtuskan ‘lompat pagar’ alias pindah parpol.

Untuk Deprov Gorontalo ada dua aleg. Loly Junus dan Hendra Nurdin. Dua legislator Partai Amanat Nasional (PAN) itu memutuskan berpindah haluan pada pertarungan Pileg 2019.

Menariknya, partai yang dituju Loly dan Hendra sama, Partai Nasional Demokrat (NasDem). Loly mengambil daerah pemilihan (dapil) Kabupaten Bone Bolango. Sedangkan Hendra Nurdin mengambil dapil Gorontalo Utara (Gorut).

Fenomena serupa juga terjadi di legislatif Dekab Gorut. Dua legislator yakni Daud Syarief dan Syaiful Karim memutuskan hijrah parpol untuk Pileg 2019. Daud Syarief yang sebelumnya menjadi legislator Partai Golkar, kini memutuskan menjadi bacaleg Partai Demokrasi Indoesia Perjuangan (PDIP). Begitu pula, Saiful Karim. Aleg Partai Amanat Nasional (PAN) ini memutuskan pindah ke Partai Nasional Demokrat (NasDem).

Di DPRD Kabupaten Gorontalo, ada satu anggota DPRD yang pindah partai. Yaitu Mekarwati Suratinoyo. Pada pemilu 2019 dia memutuskan maju melalui pencalonan PPP dan meninggalkan PBB.

Fenomena yang sama juga terlihat di DPRD Bone Bolango. Ada Dua anggota DPRD pindah partai dari partai yang sama yaitu PKPI. Dua anggota DPRD tersebut yakni Benny Lengkey dan Mahmud Harun.

(Visited 4 times, 1 visits today)

Laman: 1 2


Komentar