Friday, 17 September 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Sembilan Parpol Bidik Empat Kursi PimdeprovÂ

Oleh Berita Hargo , dalam Headline Kabar Politik , pada Wednesday, 18 July 2018 | 15:28 PM Tags: , ,
  

Hargo.co.id, GORONTALO – Pertarungan partai untuk menguasai kursi pimpinan DPRD Provinsi (Pimdeprov) Gorontalo di pemilu 2019, hampir dipastikan berjalan sengit. Karena tak hanya empat partai yang kini menguasai kursi Pimdeprov yaitu Golkar (Ketua DPRD), PAN (Wakil Ketua), PDIP (Wakil Ketua) dan Hanura (Wakil Ketua), yang ingin mempertahankan posisinya.

Partai-partai lain juga berambisi mendapatkan kursi Pimdeprov, menggeser partai petahana. Ada lima partai yang telah memberi isyarat itu. Yakni PPP, Demokrat, PKS, Nasdem dan Gerindra.

Ketua DPD Demokrat Gorontalo Gusnar Ismail saat memberikan keterangan pers, usai menyerahkan berkas pendaftaran Bacaleg DPRD Provinsi kemarin, mengatakan, pihaknya menargetkan perolehan 7 hingga 8 kursi di DPRD Provinsi melalui Pileg 2019.

Sekarang ini Demokrat mengantongi empat kursi. Yang berasal dari dapil II Kota Gorontalo, dapil III Kabupaten Gorontalo A (Telaga cs, Limboto cs, Batudaa cs), dapil IV Kabupaten Gorontalo B (Boliyohuto grup) dan dapil Pohuwato-Boalemo.

Menargetkan 7-8 kursi, Demokrat telah mengisyaratkan ambisinya untuk meraih kursi Pimdeprov. Mengingat jumlah kursi terendah untuk posisi Pimdeprov saat ini ditempati Hanura yang mengoleksi 5 kursi.

Ketua DPD PDIP Gorontalo Kris Wartabone mengutarakan, di pemilu 2019, PDIP menargetkan menjadi pemenang kedua untuk perolehan kursi DPRD Provinsi. Saat ini partai pengoleksi kursi kedua di Deprov Gorontalo dipegang PAN sebanyak 7 kursi. Sementara PDIP menempati posisi ketiga sejumlah 6 kursi. Untuk bisa menggeser posisi PAN, maka target minimal bagi PDIP yaitu 8 kursi.

Sekretaris DPW Gerindra Gorontalo yang menyerahkan berkas pencalegan di KPU Provinsi mengemukakan, pihaknya mematok target 6 kursi di DPRD Provinsi.

“Minimal setiap dapil kita bisa dapat satu kursi,” jelasnya. Ketua DPW Nasdem Gorontalo Hamim Pou mengutarakan, di pemilu 2019, Nasdem ingin mendapatkan sekurang-kuragnya 7 kursi di DPRD Provinsi.

“Untuk Kabupeten Kota kita ingin bisa terisi semua,” ujarnya. Pada pemilu 2014, Nasdem yang menjadi parpol baru, belum berhasil meraih kursi di DPRD Provinsi.

Sementara itu, Ketua DPW PAN Gorontalo Zainudin Hasan menyampaikan optimismenya bahwa PAN minimal bisa mempertahankan 7 kursi yang diperoleh saat pemilu 2014.

“Kami optimis dengan target itu,” jelasnya. Wakil Ketua Bidang Pemenangan Pemilu DPD I Golkar Gorontalo Fikram Salilama sebelumnya mengutarakan, Golkar menargetkan untuk tetap bisa mempertahankan kursi Ketua DPRD Provinsi. Karena itu, di pemilu 2019 Golkar mematok target 15 kursi. Atau meningkat dari perolehan pemilu 2014 sejumlah 12 kursi.

(Visited 1 times, 1 visits today)

Pages: 1 2


Komentar