Rabu, 17 Agustus 2022
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Semua Figur Berpeluang Duduki Kursi Wakil Bupati Gorontalo Utara 

Oleh Admin Hargo , dalam Legislatif , pada Selasa, 28 Juni 2022 | 06:05 Tag: , ,
  Ilustrasi

Hargo.co.id, GORONTALO – Dilantiknya Thariq Modanggu sebagai Bupati Gorontalo Utara (Gorut), pada Senin (27/06/2022), menjadikan kursi wakil bupati kosong. Ada banyak figur yang diwacanakan mendampingi Thariq Modanggu untuk sisa masa jabatannya.  

Itu seirama dengan pernyataan Anggota DPRD Gorontalo Utara, Ridwan R. Arbie yang mana menurutnya peluang terhadap pengisian kursi wakil bupati terbuka lebar. 

“Bupati definitif telah dilantik, dan tentunya terhadap kursi wakil bupatinya masih terbuka dan berpeluang besar untuk dilakukan pengisian,” ungkapnya.

Terhadap masa waktu yang belakangan ini beredar sudah tidak memungkinkan lagi untuk diisi ketika menyisakan waktu 18 bulan. 

“18 bulan tersebut ketika kita hitung mundur, namun dalam regulasi tidak menyebutkan waktu tepatnya kapan, yang disebutkan hanyalah bulan,” jelas Ridwan R, Arbie.

Jika demikian maka waktu yang tersisah saat ini ketika kita menghitung dari sejak dilantik maka masih mencukupi 18 bulan. 

“Dan siapa saja kader partai yang masuk dalam barisan koalisi kemarin, memiliki peluang besar untuk mengisi kekosongan kursi wakil bupati tersebut,” tegasnya.

Tak saja kader partai, kata Ridwan, siapa saja berpeluang tergantung dari komunikasi yang tergabung dalam partai koalisi tersebut. 

“Kita di DPRD tentunya mendorong pengisian kursi wakil bupati tersebut dalam rangka memaksimalkan pelaksanaan dan jalannya roda pemerintahan daerah,” ujar Ridwan.

Lebih lanjut disampaikan oleh Ridwan bahwa kepala daerah pasti ada wakil kepala daerahnya yang tugas pokok dan fungsinya itu telah diatur masing-masing dan saling menunjang satu dengan yang lainnya. 

“Sehingga tidaklah lengkap ketika pemerintahan yang berjalan hanya seorang saja. Pasti membutuhkan pendamping dalam rangka memberikan pertimbangan, kajian dan masukan. Atau mewakili ketika sedang berhalangan,” katanya.

Sehingga ketika kursi wakil bupati Gorut diisi, maka itu merupakan sebuah langkah yang bijaksana dan tentunya sangat bermanfaat bagi daerah. (***)

 

Penulis: Alosius M. Budiman

(Visited 10 times, 1 visits today)

Komentar