Kamis, 26 November 2020
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Senjata Utama Memutus Mata Rantai Covid-19, Maksimalkan 3M

Oleh Berita Hargo , dalam Gorontalo , pada Jumat, 30 Oktober 2020 | 18:05 WITA Tag: , ,
  Ketua Bidang Data dan Teknologi Informasi Satgas Covid-19, Dewi Nur Aisyah


Hargo.co.id, JAKARTA – Salah satu langkah untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 yakni memaksimalkan gerakan 3M. Memakai Masker. Menjaga Jarak dan Mencuci Tangan Pakai Sabun.

Penegasan ini disampaikan Ketua Bidang Data dan Teknologi Informasi Satgas Covid-19, Dewi Nur Aisyah yang mana menurutnya sangat penting penerapan protokol kesehatan di segala aspek kehidupan pada masa pandemi Covid-19 ini. Seperti yang dilansir dati jpnn.com, kata Dewi saat ini hanya protokol kesehatan yang menjadi senjata utama dalam menghadapi pendemi Covid-19.

BACA  Waspadai Penularan Covid-19 di Pasar Tradisional

“Senjata utama untuk memutus rantai penularan virus corona adalah memaksimalkan 3 M. Yakni, menggunakan masker, mencuci tangan dan menjaga jarak,” kata dia dalam dialog bertajuk Covid-19 Dalam Angka: Aplikasi Monitoring Perubahan Perilaku melalui kanal YouTube BNPB Indonesia, Kamis (29/10/2020).

BACA  Simak Kisah Dua Orang yang Sembuh dari Covid-19 di Gorontalo

Dewi menerangkan, mencuci tangan menggunakan sabun bisa menurunkan potensi penularan sampai dengan 35 persen.

“Kalau kita menggunakan masker kain ini berbahan katun tiga lapis ini resikonya turun sampai 45 persen sedangkan kalau menggunakan masker medis ini sampai menutup rantai penularan sampai efektivitasnya 70 persen,” beber Dewi.

Kemudian, apabila menjaga jarak minimal satu meter mampu mengurangi potensi penularan Covid-19 sampai dengan 85 persen.

BACA  Penerapan Protokol Kesehatan di Mapolsek Tilongkabila

Dewi menerangkan bahwa Satgas Covid-19 tak akan berhenti dan bosan untuk terus mengingatkan masyarakat Indonesia menerapkan disiplin protokol kesehatan 3M.

“Kami hendak merubah yang awalnya terjadi kondisi kedaruratan kesehatan masyarakat, menjadi ketahanan kesehatan masyarakat. Bedanya jauh,” kata Dewi. (cuy/jpnn/hg)

#IngatPesanIbu

Memakai masker

Menjaga jarak & menghindari kerumunan

Mencuci tangan dengan sabun


Komentar