Sabtu, 12 Juni 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Serapan Anggaran Harus Berefek Pada Perekonomian

Oleh Berita Hargo , dalam Kab. Gorontalo Utara , pada Sabtu, 29 Mei 2021 | 04:05 WITA Tag: ,
  Rakornas bersama Presiden Joko Widodo secara virtual yang diikuti oleh Wakil Bupati Gorontalo Utara, Thariq Modanggu, Kamis (27/05/2021). (Foto: Istimewa)


Hargo.co.id, GORONTALO – Terkait penyerapan anggaran, diharapkan dapat memberikan efek kepada pemulihan ekonomi terutama ekonomi masyarakat. Makanya, pengawasan internal perlu dilakukan dan didorong terus. 

Hal tersebut disampaikan Wakil Bupati Gorontalo Utara (Gorut), Thariq Modanggu usai mengikuti Rakornas Pengawasan Intern dengan tema Mengawal Efektivitas Anggaran Untuk Pemulihan Ekonomi. 

“Tema tersebut sangat penting dan presiden memberikan penegasan bahwa seluruh organ pengawasan termasuk yang ada di daerah yakni APIP untuk dapat mengawal penyerapan anggaran,” ungkapnya.

Sebenarnya, kata Thariq Modanggu, buah dari sebuah pengawasan yakni pada pencapaian tujuan dari pengawasan itu sendiri. 

“Pengawasan tidak berdiri sendiri, tetapi pada saat melakukan perencanaan awal, itu sudah merupakan instrumen dari sebuah pengawasan yang sudah jalan,” kata Thariq Modanggu.

Adanya perencanaan yang baik sejak awal, kata Thariq Modanggu, nantinya akan mendorong percepatan dan efektivitas dan akuntabilitas yang tentunya berkaitan dengan pertanggungjawaban baik kepada rakyat, negara dan Tuhan sehingga LPJ bukan hanya persoalan administrasi namun merupakan tanggung jawab moral.

Terkait dengan efektivitas, menurut Thariq Modanggu, sebagaimana yang diharapkan oleh presiden, harus dapat memberikan efek. Anggaran daerah bukan hanya pada persoalan belanja daerah, bukan hanya pada percepatan target. 

“Namun juga pada kualitas dan juga berefek atau memberikan dampak pada pendapatan dan pertumbuhan ekonomi serta pendapatan masyarakat secara keseluruhan,” ujarnya.

Dan untuk itu, terhadap penyerapan anggaran harus dilakukan pengawasan dan evaluasi serta monitoring secara terus menerus. (abk/adv/hargo)

BACA  Gorontalo Utara Diharapkan Jadi Sentra Bibit Jagung

Komentar