Jumat, 14 Mei 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Serapan dan Realisasi Anggaran Gorontalo Utara Melebihi Target

Oleh Alosius M. Budiman , dalam Kab. Gorontalo Utara , pada Rabu, 21 April 2021 | 10:05 WITA Tag:
  Bupati Gorontalo Utara, Indra Yasin pada pelaksanaan Rakorev tingkat Provinsi Gorontalo, Selasa (20/04/2021). (Foto: Istimewa).


Hargo.co.id, GORONTALO – Progres pembangunan Gorontalo Utara (Gorut) tahun anggaran 2021 pada triwulan pertama itu melebihi target yang diberikan, dan untuk penyerapan anggaran lebih dari 11 persen. 

Saat ditemui rapat koordinasi dan evaluasi (Rakorev), Selasa (20/04/2021), Bupati Gorontalo Utara, Indra Yasin mengatakan bahwa sebetulnya jika berbicara target pada triwulan pertama tersebut, Kabupaten Gorut melampaui target yang diberikan. 

“Dengan kondisi yang ada saat ini, tentunya untuk triwulan kedua akan tercapai bahkan melampaui dari target yang diberikan yakni 47 persen,” ungkapnya.

Dijelaskan oleh Indra Yasin, dengan melihat kondisi anggaran yang ada saat ini untuk pagu anggaran yang dalam proses tender dari Rp 105 miliar yang ditender dan terbagi dalam 58 paket, kurang lebih Rp 60 miliar itu telah dilakukan kontrak dengan pihak ketiga. 

“Bahkan jika dipresentasikan itu telah mencapai 57 persen dan saya pikir ini telah sesuai dengan target bahkan lebih,” tegas Indra Yasin.

Jika kondisi seperti ini dapat berlangsung terus dan berjalan normal, maka kata Indra Yasin, pada Oktober dan November mendatang, realisasi atau progresnya dapat mencapai 100 persen. 

“Kalau melihat dari pagu anggaran Rp 105 miliar yang telah dikontrak Rp 60 Miliar hal ini menggambarkan telah lebih dari 50 persen yang terealisasi,” ujarnya.

Demikian juga dengan Dana Alokasi Khusus (DAK) yang dipastikan pada pertengahan Mei mendatang kata Indra itu sudah berjalan semuanya. 

“Memang untuk DAK berbeda dan masih tersisa 1 Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang belum direview oleh Inspektorat. Menurut aturan, untuk DAK itu memang harus direview oleh pihak Inspektorat. Dan jika dipresentasikan itu sudah mencapai 35 persen,” kata bupati.

Kondisi ini membuat bupati optimis nanti sebelum akhir tahun capaian serapan maupun realisasi program maupun keuangan dapat mencapai 100 persen. (abk/adv/hargo)

BACA  OPD Diberi Waktu Sepekan untuk Perbaikan Data 

Komentar