Jumat, 14 Mei 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Sering Banjir, Warga Bongohulawa Keluhkan Drainase Buruk

Oleh Berita Hargo , dalam Metropolis , pada Senin, 23 Januari 2017 | 14:26 WITA Tag: , , , ,
  


BONBOL Hargo.co.id – Warga Bongohulawa, Kecamatan Tilongkabila, Bone Bolango (Bonbol), tepatnya di dusun III, mengeluhkan buruknya sistem pengairan atau drainase di wilayah tersebut. Pasalnya, jika hujan sedikit saja pasti rumah mereka langsung tergenang.

Pantauan Gorontalo Post (grup Hargo.co.id), kemarin, Minggu (22/01), akibat turun hujan, sedikitnya ada 15 rumah yang tergenang setinggi diatas mata kaki orang dewasa. Menurut Erna Yusuf (50), walaupun hanya hujan sedikit sering kebanjiran dan ini sudah lama mereka alami, “Namun, inisiatif dari pemerintah untuk memperbaiki tidak ada dan ini kami sudah sudah laporkan ke pemerintah desa, bahkan kecamatan,” kata Erna.

BACA  Duplikasi Website, Dua WNI Curi Data 30 Ribu Warga AS

Menurutnya, tergenangnya rumah warga diakibatkan oleh drainase yang dibuat memalui anggaran Desa ini tidak bisa menampung air ketika hujan tiba. Meluapnya air dari saluran drainase itu kerap terjadi namun hingga saat ini belum ada tindakan nyata dari Pemerintah setempat dalam menanganinya. Bahkan, ketika drainase itu penuh maka akan meluap masuk ke dalam rumah penduduk sekitar di dusun 3 Bonggohulawa.

BACA  Polres Bone Bolango Tindak Tegas Pelaku Balap Liar

Warga Setempat berharap agar pemerintah setempat bisa memeperhatikan, “Apalagi ketika pemilihan anggota DPRD baru mereka muncul untuk kampanye, ketika terpilih batang hidung mereka tidak pernah kelihatan. intinya kami meminta agar anggota dewan juga beperan aktif jangan cuma habis dijanji,” ujar Erna.

BACA  Pohon Tumbang di Jalan, Satu Unit Mobil Tertimpa

Kepala Desa Bonggohulawa, Iwan Nusi saat di konfirmasi, mengatakan, memang banjir sudah beberapa kali terjadi di beberapa rumah dan dari pemerintah kecamatan dan kabupaten, termasuk BPBD sudah turun. “Saya selaku kepala desa sudah menganggarkan pada RPJMdes untuk perbaikan drainase dan gorong-gorong mengurangi dampak terjadinya banjir dan, insya Allah, tahun ini dengan anggaran dana desa akan di realiasasikan,” tandasnya.(tr-53/hargo)


Komentar