Senin, 1 Maret 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Sering Diterjang Banjir, Stabilitas Sektor Pertanian Harus Terjaga

Oleh Alosius M. Budiman , dalam Legislatif , pada Sabtu, 20 Februari 2021 | 06:05 WITA Tag:
  Anggota DPRD Gorontalo Utara, Herson Hadi


Hargo.co.id, GORONTALO – Tentunya dengan bencana banjir yang melanda Kabupaten Gorontalo Utara (Gorut) yang terjadi beberapa kali belakangan ini, dapat berdampak pada berbagai hal termasuk diantaranya pada sektor pertanian.

Olehnya, Aleg DPRD Gorontalo Utara, Herson Hadi berharap kepada pemerintah daerah terutama untuk Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait dapat melakukan pendataan dan juga tindakan terkait sektor pertanian.

BACA  Refocusing Diharap Tak Hambat Pelaksanaan Program Pembangunan

“Kami tentunya berharap kepada OPD terkait untuk dapat memantau lahan pertanian yang ada di daerah dan melakukan pendataan dimana saja dan berapa luasan lahan pertanian yang terdampak bencana banjir,” ungkap Herson.

Hal ini penting dilakukan, mengingat kata Herson Kabupaten Gorut merupakan daerah penyangga produksi nasional.

“Jangan sampai dengan adanya bencana banjir yang terjadi beberapa kali di daerah ini dapat mempengaruhi produksi daerah yang pada akhirnya berpengaruh pada produksi secara nasional,” kata Aleg PDI Perjuangan tersebut.

BACA  Pansus di DPRD Gorontalo Utara Temukan Dugaan Pelanggaran

Jika memang telah dilakukan identifikasi terhadap lahan pertanian yang terdampak kata Herson, langkah selanjutnya dari OPD terkait juga harus segera dilaksanakan.

“Dan sesuai informasi yang diterima, OPD terkait telah menyalurkan bantuan bibit dan lainnya, itu merupakan langkah yang patut diapresiasi,” tegasnya.

BACA  Implementasi Perda Harus Sesuai Tujuan

Namun tidak hanya sampai disitu saja, karena melihat kondisi cuaca dan juga Kabupaten Gorut sebagai daerah yang rawan bencana, diharapkan agar kedepan tetap melakukan pengawasan dan pemantauan.

“Agar memang ketika terjadi bencana dan berdampak pada lahan pertanian sudah ada langkah antisipatif yang disiapkan untuk dilakukan,” tandasnya. (abk/adv/hg)


Komentar