Jumat, 22 Januari 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Sering Lelah? Jangan-Jangan Kekurangan Vitamin Ini

Oleh Berita Hargo , dalam LifeStyle , pada Kamis, 16 Februari 2017 | 14:20 WITA Tag: ,
  


Hargo.co.id– Banyak orang beranggapan tubuh akan bermasalah jika kekurangan vitamin A, C dan vitamin D. Sebagian masyarakat tidak akrab dengan vitamin B12. Padahal vitamin B12 juga sama pentingnya untuk kesehatan tubuh. Kekurangan vitamin B12 dapat menyebabkan beberapa masalah kesehatan.

Vitamin B12, dikenal sebagai cobalamin sangat penting bagi sistem saraf dan fungsinya. Vitamin B12 berperan penting dalam pembentukan sel darah merah. Sumber utama vitamin B12 termasuk ikan, daging, produk kedelai, sereal, produk susu rendah lemak, kacang-kacangan dan sayuran hijau. Bagaimana gejala kekurangan vitamin B12 dalam tubuh? Boldsky, Rabu (15/2) melansir tujuh gejala tubuh kekurangan vitamin B12.

Sering Lelah
Kekurangan vitamin ini akan membuat tubuh mudah lelah dan lemah.

Masalah Saraf
Ketika tubuh kekurangan vitamin B12 membuat menipisnya myelin, yang berguna bagi saraf. Hal ini menyebabkan kerusakan saraf dan menyebabkan masalah seperti mati rasa atau kesemutan di tangan dan kaki. Hal ini mempengaruhi gerakan seseorang juga.

Masalah Hati dan Jantung
Aliran oksigen ke jaringan akan terpengaruh bila kekurangan vitamin B12 dalam tubuh. Hal ini menyebabkan peningkatan palpitasi jantung.

Kehilangan Penglihatan
Kekurangan vitamin B12 dapat merusak saraf optik dan pembuluh darah di sekitar retina. Hal ini menyebabkan pandangan kabur dan juga menyebabkan kehilangan penglihatan.

Daya Ingat Menurun
Kekurangan vitamin B12 menyebabkan masalah neurologis dan kehilangan memori.

Sesak Nafas
Ketika tubuh kekurangan vitamin B12, hal itu mempengaruhi aliran oksigen ke jaringan. Hal ini menyebabkan sesak napas.

Sembelit
Kekurangan vitamin B12 dalam tubuh membuat penyerapan nutrisi menjadi sulit. Hal ini menyebabkan masalah pencernaan dan sembelit. (cr1/JPG/hg)


Komentar