Sabtu, 8 Agustus 2020
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Seriusi Temuan BPK, DPRD Gorontalo Utara Bentuk Pansus

Oleh Alosius M. Budiman , dalam Advertorial Legislatif , pada Rabu, 1 Juli 2020 | 16:05 WITA Tag:
  Ilustrasi


Hargo.co.id, GORONTALO – Guna menyahuti apa yang menjadi temuan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI, DPRD Gorontalo Utara (Gorut) membentuk panitia khusus (Pansus), Selasa (30/06/2020).

Pembentukan pansus itu, dilakukan melalui Rapat Paripurna Internal DPRD Gorut yang dimulai pada pukul 13.10 Wita dan dipimpin oleh Wakil Ketua DPRD Gorut, Hamzah Sidik.

Rapat paripurna yang berjalan singkat namun sarat makna dan tanggung jawab tersebut, berjalan dengan lancar. Meskipun ada interupsi terkait dengan pengusulan nama-nama untuk masuk dalam Pansus dari masing-masing fraksi yang ada di DPRD Gorut.

BACA  Ini Penjelasan Hamim Pou Tentang DID pada Webinar

Misalnya, Ketua Fraksi PAN, Lukman Botutihe, meminta agar pimpinan sidang untuk segera membacakan nama-nama yang diusulkan tanpa harus melalui mekanisme skorsing. Sementara anggota Fraksi Gabungan Para Bintang, Matran Lasunte mengusulkan agar sidang diskorsing terlebih dulu sebelum diputuskan.

“Alasannya, hingga saat ini kami belum terhubung dengan pimpinan fraksi kami,” jelas Matran Lasunte.

Hal senada diungkapkan Ridwan Arbie, juga anggota Fraksi Gabungan Para Bintang. Dirinya mempersilahkan fraksi lainnya untuk menyampaikan nama-nama. Namun, untuk untuk Fraksi Gabungan Para Bintang, tetap akan tetap melakukan konsultasi dengan pimpinan fraksi.

BACA  Promo New Normal Juli, Beli Motor Honda Banyak Untungnya

Menanggapi berbagai usulan tersebut, Hamzah Sidik selaku pimpinan sidang kemudian menyampaikan apresiasi berbagai masukan tersebut karena untuk pansus ini merupakan bentuk keterwakilan fraksi.

Setelah diberikan kesempatan, akhir usulan nama-nama anggota Pansus dibacakan oleh Sekwan DPRD Gorut, Fahrudin Lasulika, untuk koordinator, para pimpinan DPRD Gorut. Ketua Matran Lasunte, Wakil Ketua Sian Woloks dan anggota masing-masing Ariyati Polapa, Dedy Dunggio, Wisye Pangemanan, Alhamid Otoluwa, Ridwan R. Arbie dan Gustam Ismail.

BACA  Eksekutif Diminta Intensif Turun ke Lapangan

Untuk Pansus tersebut diberikan waktu selama 60 hari untuk bekerja. Matran Lasunte saat ditemui usai rapat menegaskan bahwa tentunya ini merupakan tugas berat bagi dirinya.

“Yang pasti langkah pertama akan dilakukan yakni melakukan rapat perdana bersama dengan para anggota pansus,” kunci Hamzah Sidik. (abk/adv/hg)


Komentar