ramadan2024

ramadan2024

Sertifikat Paten Kopi Pinogu Segera Terbit

×

Sertifikat Paten Kopi Pinogu Segera Terbit

Sebarkan artikel ini
Kopi Pinogu khas Gorontalo yang ditambakan dengan susu putih kental manis. (foto Natha/Gorontalo Post)

GORONTALO Hargo.co.id – Kopi Pinogu akan segera memiliki hak paten. Saat ini Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Provinsi Gorontalo sedang memproses penerbitan sertifikat paten kopi pinogu. Bila tak ada aral melintang sertifikat paten tersebut bakal diserahkan pada Maret 2017 mendatang.

hari kesaktian pancasila

Kabar segera terbitnya sertifikat paten untuk kopi Pinogu mengemuka dalam pertemuan Kepala Kanwil Kemenkumham Provinsi Gorontalo Agus Subandriyo,SH.,MH dengan Dirut Gorontalo Post Moh.Sirham belum lama ini.

Menurut Agus Subandriyo, penerbitan sertifikat paten untuk Kopi Pinogu merupakan salah satu layanan Kemenkum-HAM berkaitan perlindungan kekayaan intelektual dan hak cipta.

Example 300250

“Pemberian status hukum terhadap suatu produk sangat penting untuk perlindungan produk itu sendiri. Sebab, dewasa ini marak terjadinya klaim produk oleh kelompok tertentu,” ujar Agus Subandriyo yang turut didampingi Kepala Divisi Administrasi Nadiono Basuki, Kepala Divisi Pemasyarakatan Lilik Sugandi dan Kepala Divisi Pelayanan Hukum Siti Cholistyaningsih.

Agus Subandriyo mengemukakan, selain untuk legalitas, sertifikasi terhadap suatu produk juga turut melindungi nilai ekonomi dari produk tersebut.

“Kanwil Kemenkumham memiliki tugas dan fungsi melayani pendaftaran hak dan kekayaan intelektual. Sejalan dengan hal itu, melalui pelayanan hukum, Kanwil Kemenkumham turut memfasilitasi sertifikasi dan hak paten merek,” ungkap Agus Subandriyo.(san/hargo)

Ramadhan 2024


hari kesaktian pancasila