Wednesday, 28 July 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Seruan DPRD, Peninggalan Sejarah Harus DilestarikanÂ

Oleh Alosius M. Budiman , dalam Legislatif , pada Friday, 9 July 2021 | 07:05 AM Tags: ,
  Anggota DPRD Gorut, Gustam Ismail

Hargo.co.id, GORONTALO – Anggota DPRD Gorontalo Utara (Gorut), Gustam Ismail mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk sama-sama melakukan upaya pelestarian terhadap potensi daerah terutama peninggalan sejarah.

Dijelaskan oleh Gustam Ismail, Gorontalo Utara, terdapat beberapa peninggalan sejarah baik itu pada jaman perang belanda maupun zaman perang lainnya yang bentuk peninggalannya juga beragam. Ada yang berbentuk bangunan seperti benteng, dan ada juga yang berbentuk benda serta peninggalan sejarah lainnya.

Memang bagi masyarakat biasa, itu hanyalah sebuah benda yang familiar di mata masyarakat.

“Namun dibalik bentuk bangunan maupun benda tersebut ada sesuatu yang tidak ternilai, baik itu dari sisi sejarahnya maupun dari sisi lainnya,” kata Gustam Ismail.

Untuk itu masyarakat harus proaktif juga ketika menemukan sesuatu di sekitar pemukiman atau perkebunan, untuk dapat melapor kepada para petugas yang ada. 

“Daerah kita ini juga merupakan daerah yang menjadi tempat menginjakan kaki para penjajah terdahulu, sehingga tidak menutup kemungkinan ada banyak peninggalan sejarah yang tidak ternilai, dan ketika menemukannya harap dilaporkan,” himbaunya.

Tak hanya itu saja, terhadap sejumlah bangunan yang merupakan peninggalan sejarah juga harus dijaga secara bersama-sama, seperti saat ini ada penelitian di Kecamatan Kwandang terhadap salah satu peninggalan sejarah yakni Benteng Mas. 

“Tentu ini merupakan satu kebanggaan daerah, dan dari hasil penelitian tersebut tentu ada hal-hal yang tidak kita ketahui akan terungkap apalagi berkaitan dengan sejarah,” kuncinya. (abk/adv/hargo)

(Visited 1 times, 1 visits today)

Komentar