Senin, 17 Februari 2020
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Setahun, Polda Gorontalo Ungkap 100 Kasus Narkoba

Oleh Berita Hargo , dalam Headline HumKam , pada Senin, 30 Desember 2019
  

Hargo.co.id, GORONTALO – Selang Januari hingga Desember 2019, sebanyak 100 kasus narkoba berhasil diungkap oleh Direktorat Narkoba Polda Gorontalo beserta Satuan Narkoba Polres jajaran.

Seperti yang dilansir Gorontalo Post, data yang ada menunjukan, dari total 100 kasus tersebut, Polda Gorontalo berada di urutan pertama yakni menangani 33 kasus, disusul oleh Polres Gorontalo Kota 24 kasus, Polres Pohuwato 17 kasus, Polres Gorontalo 10 kasus, Polres Bone Bolango 10 kasus dan Polres Boalemo 6 kasus. Dari total 100 kasus tersebut, ada 149 orang tersangka yang terdiri dari 140 laki-laki dan 9 orang perempuan.

Tak hanya itu saja, barang bukti yang berhasil disita yakni narkoba jenis Sabu 391,353 gram, ganja 2,239 gram dan obat 410 butir. Selain itu pula ada tangkapan Miras yakni sebanyak 48.569 liter dan pengungkapan kosmetik 3.222 buah.

Kapolda Gorontalo, Brigjen Pol. Drs. Wahyu Widada,M.Phil dalam jumpa pers mengatakan, jumlah kejahatan Narkoba pada 2019 mengalami kenaikan sebesar 9,8 persen. Sedangkan untuk tersangka tercatat mengalami kenaikan sebesar 22,1 persen dan untuk barang bukti mengalami peningkatan pula.

“Pada 2019 ini, seluruh kasus narkoba sudah terselesaikan dan tidak ada tunggakan kasus. Bahkan barang buktinya telah dilakukan pemusnahan berdasarkan ketetapan dari pengadilan,” tegasnya.

Sementara itu, Direktur Narkoba Polda Gorontalo, Kombes Pol. Dewa Putu Gede Artha,SH,MH menambahkan, terkait dengan kasus narkoba para tersangkanya bervariasi. Ada yang dari kalangan pelajar dan mahasiswa sebanyak 3 orang, aparat penegak hukum 2 orang, Aparatur Sipil Negara (ASN) 6 orang, karyawan swasta 42 orang, ibu rumah tanggal 1 orang dan lain sebagainya.

“Penanganan narkoba ini seperti fenomena gunung es dan kami pada dasarnya akan berupaya semaksimal mungkin untuk melakukan pencegahan serta penindakan. Kami pun berharap bantuan serta dukungan dari seluruh elemen masyarakat, untuk dapat bersama-sama memerangi yang namanya peredaran narkoba di wilayah hukum Polda Gorontalo,” pungkasnya. (kif/gp/hg)