Kamis, 21 Oktober 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Setelah Belitung, Mensos Promosikan Sungai Kapuas di Akun Instagramnya

Oleh Berita Hargo , dalam Kabar Nusantara , pada Kamis, 10 Agustus 2017 | 12:37 PM Tag: , ,
  

Hargo.co.id PONTIANAK – Keindahan lanskap Sungai Kapuas di Kalimantan Barat membuat Menteri Sosial (Mensos) Khofifah Indar Parawansa terkesima. Menteri asal Jawa Timur itu langsung memviralkan sungai terpanjang di Indonesia itu ke akun Instagram pribadinya @Khofifah.IP.

Sebelumnya, Mensos juga mempromosikan destinasi pantai di Belitung yakni Tanjung Kelayang dan Tanjung Tinggi. Foto Khofifah pun berada di media sosial dan mendapat banyak respons.

Di Sungai kapuas Mensis memposting 7 foto di akun Instagram Khofifah yang memiliki 26 ribu followers itu. Khofifah memposting  panorama alam berlatar belakang sungai Kapuas. Di atas perahu, Khofifah dan rombongan juga terlihat menikmati santap malam dengan sajian kuliner khas Pontianak.

Semua diviralkan Khofifah saat kunker ke Pontianak terkait pencairan Program Keluarga Harapan (PKH), akhir pekan lalu.

Semua potensi dan keindahan pesona Sungai Kapias langsung di share ke publik. Di kolom caption, Khofifah bahkan membandingkan Sungai Kapuas dengan Grand Canal di Venice-Italia dan Seine River-Perancis. Menurutnya, panorama Sungai Kapuas tidak kalah dari Grand Canal dan Seine River.

“Tidak usah jauh-jauh ke Venice, Italia atau Seine River, Perancis untuk bisa menikmati wisata sungai dengan menggunakan perahu kayu. Cukup datang ke Pontianak, Kalimantan Barat. Di sini Anda bisa menikmati suasana kota yang berada tepat di garis khatulistiwa dari Sungai Kapuas,” ucap Mensos.

Tidak hanya kagum dengan Kapuas, Khofifah pun mengaku sangat menikmati kuliner khas kota itu. Yang sangat disuka Mensos adalah Es Lidah Buaya. “Daging lidah buaya yang dipotong dadu, ditambah perasan jeruk lemon membuat minuman ini terasa nikmat dan menyegarkan,” tulis Khofifah dalam kolom caption. “Konon lidah buaya berkhasiat menurunkan panas dalam dan sakit maag,” tambah dia.

Khofifah juga memuji kreativitas masyarakat Kota Pontianak yang bisa mengolah tanaman berduri asal Afrika tersebut. “Di Pontianak, lidah buaya tidak cuma dijadikan minuman, tapi juga diolah menjadi banyak varian oleh-oleh seperti manisan, teh, dodol hingga permen. Luar biasa bukan?” imbuh wanita yang gemar minum kopi ini.

Di akhir caption, Khofifah mengajak para netizen untuk menjelahi berbagai pelosok nusantara. Khusus yang ingin ke Pontianak, ibu empat orang anak ini pun berpesan untuk tidak lupa membawa tabir surya.

“Tunggu apalagi. Ayo jelajahi nusantara dan buktikan betapa kayanya tanah air kita ini. Oh ya, kalau mau ke Pontianak, pastikan membawa tabir surya karena disini panas matahari begitu menyengat. Selamat berakhir pekan, #WonderfulIndonesia,” tutupnya.

Menteri Pariwisata Arief Yahya, berterima kasih dan menyambut baik rekan kerjanya, di Kabinet Pemerintahan Presiden Jokowi yang ikut mempromosikan destinasi wisata di Indonesia. Sungai Kapuas dalam rancangan pembangunan nasional menengah tahun 2015-2019 akan dibuat menjadi kawasan waterfront city.

Beberapa daerah di dunia yang mempunyai sungai sebagai kawasan wisata, seperti Wina dan Lyon, mempunyai kawasan yang kurang-lebih sama dengan Sungai Kapuas. “Sudah terbukti kan? Bu Mensos aja kagum dan mempostingnya ke medsos. Terima kasih Bu Khofifah, selamat menikmati wisatanya,” ujar Menpar Arief Yahya.(Hg)

(Visited 2 times, 1 visits today)

Komentar