Rabu, 21 Oktober 2020
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Siap-siap, Pelanggar Protokol Kesehatan Saat Pilkada 2020 Bakal Disanksi

Oleh Tirta Gufrianto , dalam Kabar Nusantara , pada Kamis, 24 September 2020 | 03:05 WITA Tag: , ,
  Ilustrasi - Pilkada 2020. Foto: ANTARA/Naufal Ammar


Hargo.co.id, JAKARTA – Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) I Dewa Kade Wiarsa Raka Sandi menyebut, pihaknya tengah merancang sanksi administratif bagi pihak-pihak yang melanggar protokol kesehatan saat Pilkada serentak 2020.

Seperti yang dilansir JPNN.com, Menurut Raka, sanksi tersebut bisa berupa peringatan tertulis, hingga penghentian kegiatan pelanggar protokol kesehatan saat tahapan Pilkada 2020.

“Misalnya, bisa jadi kami memberikan peringatan tertulis. Kemudian menghentikan kegiatan yang melanggar bila perlu disertai pembubaran,” kata Raka Sandi saat menghadiri diskusi daring dengan tema Pilkada Pandemi di Antara Kerumunan Massa, Rabu (23/9).

BACA  Keberadaan MUI Semasa Pandemi Covid-19 Sangat Dibutuhkan Umat Islam

KPU, kata Raka Sandi, melakukan pula upaya sosialisasi sebelum sanksi dijatuhkan. Misalnya, KPU meminta tahapan pengambilan nomor urut tidak menghadirkan para pendukung peserta Pilkada 2020.

“Jika memang sudah dilakukan upaya sosialisasi, ada koordinasi, ada penandatanganan pakta integritas, tetapi tetap melanggar, ya, saya kira nanti ketentuan itu masuk dalam PKPU maka KPU akan berkoordinasi dengan bawaslu, instansi-instansi lain untuk menerapkannya,” terang dia.

BACA  MA Sunat Hukuman Terpidana Korupsi Anas Urbaningrum Jadi Sebegini

Saat ini, kata dia, KPU sedang mengubah sejumlah ketentuan dalam Peraturan KPU (PKPU) Nomor 6 Tahun 2020 tentang pelaksanaan pilkada dalam kondisi pandemi Covid-19. PKPU itu akan mengatur jenis sanksi administrasi yang sesuai undang-undang (UU).

BACA  Pilkada Kabgor Dominasi Temuan Laporan Pelanggaran di Bawaslu

“Mudah-mudahan ini bisa selesai. Mudah-mudahan hari ini atau besok sudah bisa diundangkan dan bisa kemudian jadi pegangan bagi jajaran penyelenggara, kemudian bagi peserta dan juga bagi masyarakat,” pungkas dia.(ast/jpnn/hg)

 

 

 

*) Artikel ini telah tayang di JPNN.com, dengan judul: “Siap-siap, Pelanggar Protokol Kesehatan Saat Pilkada 2020 Bakal Disanksi“. Pada edisi Rabu, 23 September 2020.

Komentar